Melancong Sendirian Bisa Mengubah Hidup Anda - Male Indonesia
Melancong Sendirian Bisa Mengubah Hidup Anda
MALE ID | Relax

Pandemi COVID-19 yang belum mereda, mendorong banyak negara terpaksa memperketat peraturan terhadap kedatangan turis lokal maupun mancanegara.
Male IndonesiaPhoto:Pexels.com
Di sejumlah negara, bukan berarti destinasi wisata di sana tertutup sama sekali bagi wisatawan. Hanya saja, semua pelancong yang singgah wajib menaati peraturan yang berlaku selama pandemi ini. Misalnya menjalankan beberapa tes kesehatan dan melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan masing-masing negara tersebut.

Nah, bagi Anda yang suka traveling, pernahkah merasakan bepergian seorang diri ke suatu tempat? Tahukah Anda, ternyata berpetualang sendirian ke penjuru bumi yang indah ini bisa mengubah hidup Anda.

Tetapi ingat,  jangan sendirian berwisata ke alam liar. Karena berisiko bagi keselamatan Anda mengunjungi tempat seperti itu tanpa ditemani atau mengandalkan orang lain. 

Berikut ini manfaat yang bisa mengubah hidup Anda jika melancong seorang diri, dilansir dari hostelworld.

Melatih Kesabaran dan Mental

saat Anda mencoba beradaptasi dengan lingkungan, norma-norma, adat dan budaya, serta manusia di lokasi yang Anda kunjungi, Anda harus bisa memahaminya sendiri, tanpa kawan yang bisa diajak diskusi. Kesempatan ini justru akan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Mungkin Anda merasa kearifan lokal tersebut seolah menghambat kebebasan yang biasa Anda jalani. Tetapi Anda harus beradaptasi walau hal itu tidak sesuai rencana. Hingga pada akhirnya Anda mampu menyesuaikan diri. Ini artinya Anda sedang berproses melatih kesabaran dan mental agar semakin kuat dan sehat.

Mengenali Diri Sendiri

Wisata sendiri, sepanjang hari dan malam melihat dunia yang belum pernah Anda jajaki, berarti Anda sedang belajar merasa nyaman dengan diri sendiri. Semakin mengenali diri dalam setiap situasi.

Ketika kebanyakan orang menghindari sendirian dengan segala cara, tetapi Anda malah belajar menerimanya dengan bepergian sendiri. Bertemu orang, mencoba hal baru, dan  melihat apa yang benar-benar Anda sukai tanpa pengaruh orang lain.

Ini membuat Anda lebih beropini karena melihat dan mengalami begitu banyak hal tanpa pengaruh dan pandangan orang lain yang memengaruhi pandangan Anda sendiri. Juga mengajari Anda untuk mengeksplorasi pikiran, ide, dan impian Anda sendiri.

Menjadi Lebih Kreatif

Saat pelesiran sendiri, terkadang Anda takut akan hal yang tidak diketahui tanpa ada orang yang mendukung Anda atau dia berada di sana jika terjadi sesuatu.

Kemudian pada saat yang sama, Anda kembali dengan perasaan bahagia bahwa Anda berhasil melewatinya sendiri dan itu memberi Anda keberanian melakukannya lagi.

Pengalaman perjalanan solo Anda dengan berbagai tantangan yang berhasil Anda taklukan sendiri itulah yang nantinya akan melatih daya kreatifitas Anda. Saat kembali pada kehidupan atau kegiatan Anda sehari-hari, Anda akan mudah mencari inspirasi inspirasi segar atau mungkin sesuatu yang inovatif.

Meningkatkan Kepedulian

Perjalanan tunggal juga akan memberi Anda kesempatan untuk melihat lebih dekat nilai-nilai kemanusian. Ketika daerah yang Anda kunjungi ada banyak orang yang kurang beruntung hidupnya, ini akan memancing empati Anda. Anda akan belajar tentang pentingnya rasa bersyukur dan berbelas kasih kepada sesama.

Ini semakin membuat Anda peka bahwa tidak sedikit manusia yang memerlukan uluran tangan dan kepedulian orang lain. Perjalanan Anda ini akan terasa menyenangkan dan menyimpan kenangan berkesan jika Anda mau berbagi kasih sayang dan memberikan sesuatu yang bermanfaat pada mereka semampu yang bisa Anda lakukan.

SHARE