Ini Durasi Olahraga yang Ideal Bagi Pemula - Male Indonesia
Ini Durasi Olahraga yang Ideal Bagi Pemula
MALE ID | Sport & Hobby

Banyak orang kini yang semakin sadar akan pola hidup sehat. Tren ini terlihat dari makin menjamurnya pusat kebugaran, ramainya car free day dengan penggiat olahraga, beragam event olahraga, hingga makin banyaknya pilihan produk dan menu sehat di restoran dan swalayan. 

Photo by ????? ?????? from Pexels

Kendati telah menjadi tren, masih ada pertanyaan yang perlu dijawab, yakni soal durasi olahraga yang dianjurkan, ini masih simpang siur. Ada yang bilang setiap hari, dua kali, tiga kali, bahkan satu kali seminggu saja sudah cukup. Berapa kali sebaiknya berolahraga dalam seminggu?

Tentu saja, jawabannya dapat berbeda-beda untuk setiap orang. Hal ini karena mempertimbangkan sisi kebugaran, tingkat aktivitas, usia, dan lainnya.

Idealnya, jika ingin meningkatkan kesehatan dan kebugaran secara umum, maka dapat berolahraga sekitar lima hari sepekan. Olahraga dapat berlangsung sedikitnya selama 30 menit.

Seperti mengutip dari laman Health, disebutkan bahwa seberapa sering berolahraga tergantung pada pengalaman seseorang dan waktu yang dimiliki. Jika seseorang baru akan memulai olahraga, mulailah dengan tujuan yang lebih kecil.

Atau, jika jadwal tidak memungkinkan untuk lima hari sepekan, targetkan untuk tiga hari. Kemudian, luangkan waktu 45 menit untuk olahraga. "Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) juga dapat membantu mengurangi waktu, sambil tetap memberikan tubuh Anda sesi berkeringat yang baik," ujar Kristian Flores, CSCS, pelatih kekuatan dan pengkondisian berbasis di New York City.

Tujuan fitness akan berbeda bergantung pada latihan yang berbeda. Apabila ingin menurunkan berat badan atau membangun kekuatan, maka latihan cardio dan beban atau kekuatan bisa dimasukkan ke dalam program latihan.

Menurut Flores, pada akhirnya seseorang bisa menjadwalkan latihan tergantung pada jenis olahraga yang dinikmati. Jika Anda membenci HIIT, lewati saja.

Jika Anda suka bersepeda saja, lakukanlah. Menemukan kesenangan dalam olahraga akan membuat Anda berkeringat lebih banyak dan membuahkan hasil. Selain itu, jangan lupa beri jeda 1-2 hari agar tubuh Anda pulih kembali.

Di sisi  lain, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam buku panduannya mengenai Global Recommendations on Physical Activity for Health menganjurkan orang usia dewasa yang sehat untuk melakukan olahraga minimal 150 menit per minggu. Dengan minimal 150 menit saja Anda olahraga per minggu, ini akan sangat bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan.

Agar tidak terasa berat, Anda dapat membagi-bagi waktunya. Contohnya, Anda bisa melakukan olahraga 5 kali dalam seminggu. Namun, sebenarnya tidak harus selalu lima kali. Anda dapat membagi-bagi waktu olahraga sesuai kebutuhan dan jadwal Anda, 3-4 kali per minggu juga sah-sah saja.

Yang jelas, olahraga harus dilakukan dengan rutin agar manfatnya optimal. Jangan sampai, hari ini olahraga sampai setengah mati, namun besok-besoknya tidak olahraga lagi.

SHARE