Cara Pangkas dan Merawat Setiap Jenis Jenggot - Male Indonesia
Cara Pangkas dan Merawat Setiap Jenis Jenggot
MALE ID | Looks

Memangkas jenggot mungkin bukan hal yang paling rumit di dunia. Namun, pada kenyataannya, ini adalah ladang ranjau yang terawat. Dari mengukir garis leher terlalu jauh hingga mengabaikan kulit di bawah rambut halus, adalah beberapa kesalahan paling umum yang dilakukan pria saat merawat janggut mereka.

Photo by Nick Demou from Pexels

Setiap panjang jenggot membutuhkan perawatan yang sedikit berbeda agar terlihat baik. Anda juga membutuhkan alat yang tepat untuk pekerjaan memangkas jenggot. Mengutip laman Apetogentleman, berikut ini cara memangkas dan merawat setiap jenis jenggot yang perlu pria perhatikan.

Jenggot Pendek
Setelah Anda menumbuhkan jenggot, Anda pasti ingin rambut yang tumbuh memiliki panjang yang sama menggunakan pemangkas jenggot. Untuk melakukannya, atur alat pemangkas ke pengaturan yang sedikit lebih pendek dan menipiskan area yang terlihat terlalu tebal.

Terakhir, gunakan pisau cukur dan gel cukur atau pemangkas tanpa pelindung, buat garis leher dengan hati-hati, mulai dari tengah tenggorokan tepat di atas jakun, lalu lanjutkan ke atas setiap sisi ke tempat pertemuan cuping telinga dengan tulang rahang. Saat memiringkan kepala ke belakang dan melihat ke cermin, ini akan membentuk garis lengkung yang halus dari daun telinga ke daun telinga.

Jenggot Panjang
Sebagian besar pemangkas dapat diatur ke tingkat yang cukup tinggi untuk mengakomodasi jenggot yang berukuran sedang, membuatnya relatif mudah untuk dihias. Pertama, ambil seluruh rambut dengan panjang yang sama. Kemudian gunakan setelan yang lebih pendek untuk membaurkan rambut di pipi, leher, dan cambang.

Selanjutnya, lepaskan pelindung dan gunakan bilah (sisir) untuk merapikan tepi di sekitar garis leher, di atas bibir atas dan di atas pipi. Sebaiknya tidak menggunakan pisau cukur untuk bagian ini karena garis yang sangat lurus dan garis yang tajam dapat terlihat tidak pada tempatnya pada janggut yang lebih panjang.

Setelah selesai, gosokkan sedikit minyak jenggot di antara jari-jari Anda dan oleskan ke seluruh janggut, sampai ke akarnya. Gunakan sisir Anda untuk menghaluskan rambut menjadi bentuknya dan kemudian gunakan gunting untuk memotong rambut jenggot yang berantakan.

Janggut Besar
Saat membentuk janggut besar, gunting adalah teman Anda. Jika Anda menanamnya untuk pertama kalinya, hal yang baik untuk dilakukan adalah memesan jenggot untuk membentuk dengan tukang cukur lokal Anda. Setelah Anda menyelesaikannya secara profesional, akan jauh lebih mudah untuk memeriksanya di rumah dan Anda bahkan akan dapat mengambil beberapa petunjuk tentang bagaimana melakukannya dengan benar.

Setelah tukang cukur Anda melakukan sihirnya, terserah Anda untuk memeliharanya. Ini harus dilakukan beberapa kali seminggu, menggunakan sisir untuk menghaluskan rambut dan menghilangkan rambut yang bercabang dengan gunting untuk mempertahankan bentuk keseluruhan. Anda kemudian dapat membilasnya dengan pemangkas untuk menghilangkan sisa rambut dari leher dan memotong kumis ke belakang sehingga berada tepat di atas bibir atas.

Sekali lagi, ambil minyak jenggot Anda dan pijatkan ke seluruh rambut, sampai ke akar. Pastikan untuk memperhatikan kulit di bawah jenggot, jagalah agar tetap lembab agar terhindar dari kulit kering atau berketombe .

SHARE