Jangan Abaikan Suara Janggal Ini di Mobil Anda - Male Indonesia
Jangan Abaikan Suara Janggal Ini di Mobil Anda
MALE ID | Sport & Hobby

Jika di saat Anda mengemudi, lalu mendengar bunyi-bunyi janggal di mobil, seperti suara menderu/mendengung, merengek, gemerincing, dan sebagainya, maka jangan Anda abaikan.

Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Perlu diingat, munculnya suara-suara aneh tersebut adalah cara mobil Anda memberitahukan adanya masalah yang tidak terpantau sistem elektronik. Ini artinya, mobil Anda harus segera diperiksa sebelum terjadi hal lain yang lebih merugikan.

Umumnya suara yang tidak wajar berasal dari tiga titik, yaitu di bagian mesin, bagian kemudi, atau bagian roda. Ketiga titik ini paling perlu diperhatikan secara benar dari mana sumber bunyi berasal, karena ini menjadi sinyal peringatan awal adanya potensi masalah yang serius.

Berikut ini, pemilik bengkel mobil dan teknisi servis mobil berlisensi Emily Chung menjelaskan suara-suara aneh dari mobil yang umum terjadi, dan mengungkapkan apa artinya, dilansir dari readersdigest.

Berdengung saat Berakselerasi

Saat Anda mengemudi, mobil mengeluarkan dengungan bernada rendah. Kemudian saat Anda berakselerasi, suaranya semakin keras (mungkin terdengar seperti pesawat lepas landas).

Tetapi setelah kecepatan tertentu volumenya konsisten. Saat Anda berbelok, suaranya semakin keras. Tetapi jika Anda memutar ke arah lain, suara itu menghilang.

Apa artinya? Kemungkinan besar ini adalah suara bantalan roda. Ini sering disalahartikan sebagai kebisingan mesin dan salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan memperhatikan pengukur RPM Anda.

Saat Anda berakselerasi, RPM dan pengukur kecepatan meningkat. Cobalah meluncur dengan kecepatan yang telah ditentukan, lepaskan pedal gas dan perhatikan penurunan pengukur RPM.

Jika suara masih ada, itu pasti tidak berasal dari mesin. Bunyi ini mungkin berasal dari ban Anda, terutama jika ban sudah tua atau berkualitas buruk.

Suara Pompa Power Steering

Mobil Anda bersuara seperti merengek saat berbelok? Anda akan mendengar rengekan bernada tinggi jika kendaraan Anda memiliki power steering hidraulik. Kemudian tanpa Anda sadari Anda “mengunci” setir dengan memutarnya ke titik di mana ia tidak dapat berputar lagi.

Ini akan membebani pompa power steering. Jika Anda menahan posisi ini lebih dari beberapa detik, maka berisiko merusak pompa.

Jadi, cobalah mundurkan sekitar satu inci dari posisi kunci untuk mengurangi peningkatan tekanan pompa, dan kemungkinan kebisingan akan hilang. Namun jika Anda mendengar rengekan terus menerus, maka pompa power steering Anda mungkin sudah rusak.

Sistem suspensi

Mobil Anda mengeluarkan bunyi gemerincing dan bunyi bernada rendah saat dikendarai, terutama saat melewati gundukan (polisi tidur).

Bunyi ini biasanya tidak bersiklus, jadi kemungkinan bukan dari sistem roda dan ban. Ada banyak komponen dalam sistem suspensi mobil termasuk sambungan bola, tautan stabilizer, dan pegas koil.

Satu hal yang pasti, jika Anda memiliki suara suspensi yang tiba-tiba menghilang, ada kemungkinan besar komponen tersebut rusak dan terputus dari posisi semestinya.

Rem Cakram dan Bantalan Rem

Mobil mengeluarkan suara seperti gerinda atau menderit ringan setiap kali Anda mengerem. Ini disebabkan oleh bahan pengereman yang buruk atau aus.

Jika Anda menangkapnya sedari awal, maka teknisi mobil Anda akan dapat memperbaiki rem tersebut. Pekerjaan yang melibatkan pembersihan, pelumasan, dan penyesuaian lainnya.

Beberapa bantalan rem memiliki squealers (sebuah logam yang bergesekan dengan rotor rem begitu bahan bantalan sudah menipis). Jika Anda mendengar bunyi siklus ini saat mengemudi, maka rem perlu diganti. Juga cari tahu seberapa lama Anda harus mengganti bantalan rem mobil.

SHARE