Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Sperma - Male Indonesia
Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Sperma
MALE ID | Sex & Health

Kesehatan reproduksi pria ditentukan oleh tiga aspek sperma yaitu kesehatan sperma, jumlah atau konsentrasi sperma, dan volume sperma secara keseluruhan.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Sperma yang sehat penting bagi kesuburan pria. Air mani normal mengandung 40 juta hingga 300 juta sperma per mililiter. Sedangkan jumlah sperma yang rendah dianggap antara 10 dan 20 juta sperma per mililiter.

Mengapa jumlah sperma penting? Ini untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan pada pasangan. Ketika seorang pria berejakulasi dengan seorang wanita, kemungkinan satu sperma akan mencapai dan menanamkan dirinya ke dalam sel telur wanita. Kemungkinan ini bisa meningkat jika lebih banyak sperma di dalam air mani pria.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan sperma, dilansir dari Healthline.

Turunkan berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan, maka menurunkan berat badan adalah paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah sperma.

StudiesTrusted Source telah menunjukkan bahwa penurunan berat badan secara signifikan bisa meningkatkan volume, konsentrasi, dan mobilitas air mani, serta kesehatan sperma secara keseluruhan.

Bicarakan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengubah dan memperbaiki kebiasaan makan Anda jika Anda memiliki berat badan berlebih.

Latihan

Tetap aktif dan menjalani gaya hidup sehat akan membantu meningkatkan jumlah sperma. StudiTrusted Source menemukan bahwa angkat besi dan olahraga di luar ruangan dapat membantu kesehatan sperma. Pertimbangkan aktivitas/latihan ini ke dalam rutinitas Anda.

Olahraga juga membantu Anda mempertahankan atau menurunkan berat badan, dan tentunya memiliki manfaat tambahan untuk kesehatan sperma Anda.

Konsumsi Vitamin

Beberapa jenis vitamin seperti vitamin D, C, E, dan CoQ10, penting untuk kesehatan sperma. StudiTrusted Source menunjukkan bahwa mengonsumsi 1000 mg vitamin C setiap hari dapat membantu konsentrasi dan mobilitas sperma pria.

Walau jumlah sperma secara keseluruhan tidak akan meningkat, tetapi sperma dapat menjadi lebih terkonsentrasi dan dapat bergerak lebih efisien.

Studi lain mencatat, kesuburan pria kurang bagus jika tingkat vitamin D rendah. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami hubungan antara vitamin D dan kesuburan, tetapi tampaknya ada korelasi.

 
 
Hindari Penyalahgunaan Zat

Jumlah sperma yang rendah dan tidak sehat juga dikaitkan dengan mereka yang memiliki riwayat suka meminum minuman berakohol, perokok, dan penggunaan obat-obatan terlarang (termasuk kokain dan steroid anabolik)

Jika Anda menggunakan salah satu zat tersebut dan mengalami kesulitan untuk berhenti, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka mungkin akan merekomendasikan program untuk membantu mengobati kecanduan zat tersebut.

Periksa Lingkungan

Disarankan sesegera mungkin mengganti pakaian dan mandi jika Anda terpapar logam, pelarut, pestisida, degreaser, cat berbahan dasar non-air, dan benda-benda pengganggu endokrin lainnya.

Racun pada benda-benda tersebut dapat memengaruhi jumlah sperma. Jika Anda terpapar salah satu dari benda itu karena pekerjaan atay hobi, segera bersihkan tubuh Anda.

Selain itu, pekerjaan yang membuat Anda terpapar panas berlebih atau radiasi, atau pekerjaan yang membuat tubuh Anda tidak banyak bergerak, juga dapat memengaruhi jumlah sperma.

Celana Dalam Nyaman

Menjaga sperma Anda pada suhu yang memadai dan membiarkan banyak aliran udara ke skrotum dapat membantu sperma menjadi sehat. Untuk itu kenakan celana dalam yang agak longgar dan berbahan nyaman.

Celana dalam berbahan katun lebih baik daripada yang sintetis. Ini akan membantu mengontrol aliran dan suhu udara di sekitar alat kelamin Anda.

SHARE