Komedo Pria Bisa Lebih Besar, Begini Mengatasinya - Male Indonesia
Komedo Pria Bisa Lebih Besar, Begini Mengatasinya
MALE ID | Looks

Anda pernah melihat bintik hitam di hidung Anda sebelumnya. Itu bukan bintik, itu komedo, dan hampir semua orang pernah mengatasinya. Mereka mungkin umum, tapi tetap saja mengecewakan.

Image by Darko Djurin from Pixabay

Komedo menyerang semua jenis kulit dan segala usia. Mereka biasanya muncul di hidung Anda, di mana pori-pori lebih besar, dan membuat wajah Anda terlihat kotor dan berbintik-bintik. Berlawanan dengan kepercayaan populer, bercak yang mengganggu ini sebenarnya bukan kotoran yang menempel di pori-pori Anda.

Komedo disebabkan oleh sel kulit mati, yang sebagian besar terdiri dari protein yang disebut keratin, yang menempel di dinding pori. Ini menciptakan steker yang disebut komedo. “Biasanya sumbat tersebut cukup dekat dengan permukaan sehingga sedikit terlihat,” kata dokter kulit Ken Howe, MD. dalam laman Menshealth. “Seperti pisang yang tertinggal, steker mulai teroksidasi dan berubah menjadi coklat,” tambahnya.

Pria dimungkinkan mendapati lebih banyak komedo karena pori-pori mereka lebih besar. “Pria tidak selalu mendapatkan lebih banyak komedo daripada wanita, tetapi mereka lebih besar dan lebih terlihat dengan mata telanjang,” kata Howe, terutama seiring bertambahnya usia, karena pori-pori pria membesar seiring bertambahnya usia.

Saaat ingin membersihkan komedo, jangan sembarang untuk membersihkannya. Setidaknya Anda perhatikan hal ini ketika merasa gemas dengan hidung Anda yang bergerigi.

Tidak Baik Memeras Komedo
Memang menggoda, dan sangat memuaskan, untuk memeras sendiri komedo, tetapi sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak lagi komedo yang muncul. “Jari-jari Anda terlalu besar,” kata Howe.

“Pori-pori sudah lengket karena salah satu sumbatnya sudah terbentuk. Jika Anda menekan, Anda menciutkan mereka dan membantu steker lain terbentuk,” ujarnya. 

Waspadai Alat
Ada banyak alat di luar sana yang mengklaim dapat membantu menghilangkan komedo dengan "aman", seperti penyedot debu pori yang menggunakan alat penghisap atau tajam yang ditujukan hanya untuk profesional. "Tetapi Anda harus menghindarinya dengan cara apa pun," kata dokter kulit Corey Hartman, MD. 

Angkat Komedo Secara Manual
Maksudnya, Anda bisa mengangkat komedo membandel menggunakan alat khusus yang terbuat dari logam dengan lingkaran kecil di bagian ujungnya. Alat ini bisa Anda beli di toko. Pastikan alat yang digunakan dalam keadaan bersih. Atau, Anda bisa membeli pore pack yang ditempelkan di hidung. Sebaiknya cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu sebelum mengangkat komedo secara manual dan bersihkan wajah setelahnya.

Perawatan di Rumah
Kalau bintik komedo mulai muncul, coba atasi dulu dengan rutin membersihkan wajah. Gunakan air hangat dan sabun berbahan ringan, lalu bilas wajah hingga bersih. Setelahnya, oleskan krim atau gel yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, ataupun resorcinol yang ampuh membunuh bakteri, mengeringkan minyak berlebih, dan membantu proses pengelupasan sel kulit mati.

Pakai Obat Resep Dokter
Sebenarnya sudah banyak obat komedo yang dijual bebas di pasaran. Namun dibandingkan obat resep dokter, khasiatnya kurang efektif dalam mengatasi komedo membandel. Biasanya dokter meresepkan tretinoin, adapalene, dan tazarotene yang mengandung vitamin A. 

Obat tersebut bekerja dengan mencegah penyumbatan pada folikel rambut dan mempercepat pergantian sel kulit baru yang sehat. Pada kasus komedo yang disertai kista jerawat dan bisul, dokter mungkin meresepkan obat dengan kandungan benzoyl peroxide dan antibiotik.

SHARE