Ini Solusinya Jika Stres Membuat Libido Rendah - Male Indonesia
Ini Solusinya Jika Stres Membuat Libido Rendah
MALE ID | Sex & Health

Saat Anda bereaksi terhadap stres, tubuh Anda mengalami serangkaian perubahan untuk mempersiapkan pada pilihan apakah Anda ingin melarikan diri atau tinggal dan bertarung menghadapi masalah yang membuat Anda stres tersebut.  

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Akibatnya, respons tubuh akan mengalami peningkatan detak jantung, tekanan darah, dan laju pernapasan. Selain itu juga memengaruhi fungsi non-esensial, seperti dorongan seks akan berkurang secara akut. Ini akan memicu pelepasan hormon, seperti kortisol dan epinefrin, yang dalam kadar tinggi dapat menyebabkan penurunan gairah seks.

Ketika stres menjadi kronis, tubuh menggunakan hormon seks untuk memenuhi peningkatan permintaan produksi kortisol yang lebih tinggi, sehingga menurunkan minat Anda pada seks.

Selain efek fisiologis stres, ada pula aspek psikologis. Stres dapat menyebabkan pikiran Anda lelah, dan mengalihkan perhatian Anda dari keinginan berhubungan seks. Ini juga dapat memengaruhi suasana hati Anda, menyebabkan kecemasan dan depresi, yang dapat mengurangi libido dengan sendirinya.

Ingat, fluktuasi hasrat seksual adalah hal yang wajar. Tetapi jika stres berdampak negatif pada seks Anda, maka meminimalkan stres penting dilakukan untuk mempertahankan kehidupan seks yang baik dengan pasangan Anda. Berikut beberapa strategi untuk dipertimbangkan, dilansir dan very well mind.

Memanajemen Stres

Jika stres telah meredam libido Anda, maka salah satu solusi pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah memanajemen stres secara keseluruhan.

Cobalah beberapa strategi yang dikenal untuk mengatasi kekhawatiran atau kecemasan di area lain dalam hidup Anda sehingga tidak berdampak pada dorongan seks Anda.

Beberapa teknik manajemen stres yang bisa dilakukan seperti aromaterapi, latihan pernapasan, meditasi, dan merelaksasi otot progresif.

Berbicara dengan ahli terapis juga dapat membantu Anda menemukan teknik manajemen stres dan mengatasi situasi pribadi Anda.

Periksa Hubungan Anda

Saat menghadapi libido rendah, penting untuk memperhatikan kesehatan hubungan Anda. Studi menunjukkan bahwa stres dan konflik dalam hubungan menjadi faktor kuat penyebab libido rendah daripada jenis stres lainnya. Siapa pun bisa mengalaminya, pria maupun wanita.

Baik pria dan wanita sama-sama mengatakan bahwa libido mereka memengaruhi kepuasan pasangan. Bila seseorang kurang minat, maka ini menyebabkan pasangannya kurang berminat pula.

Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan Anda menggunakan teknik komunikasi yang adil dan mendukung hubungan Anda. Bicaralah secara terbuka dan jujur kepada pasangan tentang gejala fisik dan emosional yang membuat Anda stres dan libido rendah. Saat berbicara, berhati-hatilah agar tidak menyalahkan diri sendiri atau pasangan Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan melakukan sendiri, bantuan terapis atau konselor hubungan bisa dicoba untuk mengatasi beberapa masalah yang lebih dalam.

 
 
Fokus Pada Sentuhan

Jika gaya hidup sibuk menjadi penyebab stres dan libido rendah, Anda dapatmempertimbangkan untuk membuat rencana keintiman atau eksperimen seksual.

Misalnya, mulailah menggoda pasangan Anda di pagi hari (bagian dari pemanasan). Kemudian komunikasi dengannya pada tengah hari untuk memberi tahu pasangan Anda bahwa Anda sedang menantikan kencan menggairahkan.

Fokus pada sensasi seperti sentuhan-sentuhan mesra adalah pereda stres yang cukup ampuh dan tidak harus melibatkan seks. Misalnya, berpegangan tangan, meluangkan waktu lebih banyak untuk berpelukan, atau memijat pasangan bisa membantu melepaskan hormon oksitosin untuk penghilang stres.

Berfokus pada sentuhan dapat membantu Anda rileks dan menemukan kesenangan keintiman. Ini dapat meningkatkan hasrat Anda akan kedekatan dengan pasangan, yang pada akhirnya mendorong melakukan seks.

SHARE