Makna Tersirat Dibalik 20:20 Fiersa Besari - Male Indonesia
Makna Tersirat Dibalik 20:20 Fiersa Besari
MALE ID | News

Fiersa Besari akhirnya kembali merilis album baru dengan tajuk 20:20. Album barunya ini menjadi album yang keempat setelah sebelumnya dia sukses dengan album 11:11 yang dirilis pada 2012, Tempat Aku Pulang (2014), dan Konspirasi Alam Semesta (2015).

Photo: doc. Fiersa Besari/Istimewa

Mirip dengan album 11:11 yang memiliki makna di balik angka tersebut. Album 20:20 pun demikian. Angka 20:20 memiliki filosofi 2020 sebagai tahun perilisan album teranyarnya. Di sisi lain, jika 20 ditambah 20 menghasilkan angka 40, maka angka 4 menandakan album ke-4.

Menariknya lagi, album ini berisi 16 lagu, terdiri dari 12 lagu lama dan 4 lagu baru, yakni Daftar Orang Hilang, Kamu, Melawan Hati, dan Namamu. Namun demikian, sebenarnya 4 tembang itu sudah lama ditulis Fiersa, tetapi baru dilakukan proses rekaman di tahun 2020 ini sehingga menjadi begitu unik lantaran dirinya dipaksa mengingat kembali barisan-barisan nada dalam ingatannya. “Merawat ingatan memang mahal,” kata Fiersa.

Lagu baru pertama yang Fiersa siapkan berjudul "Daftar Orang Hilang". Lagu ini menceritakan para aktivis dan demonstran yang hilang entah ke mana. “Dan meskipun fisik mereka tak terlihat tapi perjuangannya akan terus diwariskan. Tak akan padam walau dibungkam,” tuturnya.

Tidak hanya dinyanyikan sendiri, dua lagu baru berjudul "Kamu" dan "Melawan Hati" disiapkan dengan berduet bareng penyanyi lain. “Kamu featuring Bem Andry. Ini yang unik. Untuk pertama kalinya saya membawakan lagu ciptaan orang lain, yaitu sahabat saya Bem Andry,” ujar Fiersa.

Tidak berhenti di situ, di lagu Melawan Hati Fiersa turut berkolaborasi dengan penyanyi Prinsa Mandagie. Lagu ini berkisah tentang seseorang yang ingin pergi dan membunuh perasaannya sendiri. “Tapi, semakin ia melupakan justru ingatan itu semakin kuat,” terangnya.

Pria ebrambut gondrong itu turut membagikan cerita menarik ketika dirinya sibuk mencari rekan duet untuk lagu Melawan Hati. “Enggak gampang mencari kawan yang mau featuring. Ketika pada akhirnya saya dan Prinsa Mandagie sepakat bekerja sama pun pengerjaan kontrak dan rekaman berjalan beriringan karena ngejar deadline. Haha,” kenangnya sembari tertawa.

Cerita spesial terbesit dalam salah satu lagu baru di album 20:20. Menurut Fiersa, lagunya yang berjudul "Kamu", menjadi kilas sejarah perjalan cintanya dengan sang istri, Aqia Nur Fadla. Pasalnya lagu ini lah yang mengiringi perjalanannya mendapatkan sang tambatan hati.

Fiersa menambahkan, Lagu baru yang tidak kalah spesial berjudul Namamu. Sebab lagu ini memiliki cerita sendiri untuk dirinya. Ia merasa ada ikatan batin secara personal. “Temanya rahasia ya. Mungkin nanti bisa diresapi sambil didengarkan,” katanya.

SHARE