Cara Mengatasi Kecemburuan dalam Suatu Hubungan - Male Indonesia
Cara Mengatasi Kecemburuan dalam Suatu Hubungan
MALE ID | Relationships

Tidak ada yang menyenangkan tentang kecemburuan. Itu merusak hubungan, membuat Anda merasa gila, dan melahirkan bola kecurigaan yang hidup di dalam hati Anda. Tetapi mencoba mengatasi kecemburuan terkadang terasa seperti Anda mencoba mengendalikan gelombang pasang. 

Photo by Vera Arsic from Pexels

Setiap pasangan tentu tidak ada yang ingin merasakan cemburu. Kecemburuan bisa merusak hubungan yang hebat. Memupuk ketidakpercayaan, merusak harga diri, dan jarang ada gunanya. Namun, begitu banyak dari pasangan tidak berdaya untuk menghentikannya dari membanjiri pikiran, tindakan, dan ucapan.

Jadi, apa yang bisa Anda lakukan? Bagaimana Anda bisa mengatasi kecemburuan? Mengutip laman Lifehack, berikut ini cara mengatasai kecemburuan dalam suatu hubungan yang bisa Anda coba.

Hitung Sampai Sepuluh
Tidak ada yang menyenangkan tentang menangkap pasangan Anda mengirim pesan genit ke pria lain atau mendengarkan mereka naksir ke beberapa selebritas, tetapi apakah hal-hal ini benar-benar layak untuk membuat kesal?

Kapanpun rasa cemburu Anda mulai membuat Anda marah, pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam, dan hitung sampai sepuluh. Setelah sepuluh detik berakhir, tanyakan pada diri Anda, apakah yang membuat Anda kesal benar-benar layak untuk menghancurkan hari Anda.

Jika Anda harus mengungkitnya, lakukan dengan tenang. Daripada meneriaki pasangan Anda atau meremehkan mereka, cukup katakan, "Aku sedikit tidak nyaman saat kamu berkirim pesan dengan dia."

Percayai Insting Anda
Bagaimana Anda tahu jika pasangan Anda setia? Intinya begini, percayalah pada insting Anda. Kemungkinan Anda tahu jika Anda bereaksi berlebihan terhadap sesuatu yang konyol, tetapi jika naluri Anda memberi tahu bahwa ada sesuatu yang salah dalam hubungan Anda, Anda mungkin benar. Bicaralah dengan pasangan Anda tentang bagaimana perasaan Anda dengan cara yang tenang dan hormat.

Tingkatkan Cinta Diri
Kecemburuan sering kali bermula dari masalah harga diri. Anda mungkin merasa tidak layak memiliki kasih sayang tanpa syarat dari seseorang atau mungkin seseorang telah mengkhianati kepercayaan Anda di masa lalu dan hal itu membuat Anda merasa tidak nyaman memberikan hati Anda.

Apapun masalahnya, hubungan yang sehat berasal dari tingkat cinta diri yang sehat. Meningkatkan cinta diri juga membantu mengatasi kecemburuan. Anda dapat berlatih meningkatkan cinta dan rasa hormat yang Anda miliki untuk diri sendiri dengan menghabiskan waktu sendirian dan belajar menghargai Anda sendiri, merawat tubuh Anda dengan baik, dan mengembangkan pengembangan diri.

Komunikasikan Perasaan Anda
Apa yang Anda dan pasangan anggap sebagai perilaku hubungan yang tepat mungkin sangat berbeda, itulah mengapa sangat penting untuk mengomunikasikan perasaan Anda secara terbuka.

Mengomunikasikan perasaan Anda dengan baik adalah langkah penting untuk mengatasi kecemburuan. Menyadari tindakan dan perilaku apa yang akan menyakiti pasangan Anda dan sebaliknya akan membantu Anda dan pasangan membangun hubungan yang sehat berdasarkan rasa hormat.

Sesuaikan Harapan Hubungan Anda
Salah satu cara lain untuk mengatasi kecemburuan adalah menyesuaikan kembali ekspektasi Anda terhadap hubungan Anda. Cari tahu di sini beberapa ekspektasi tidak realistis yang sering dimiliki orang untuk hubungan.

Hanya karena Anda menjalin hubungan, bukan berarti Anda kehilangan kemampuan untuk menemukan orang lain yang menarik. Memperhatikan seseorang di luar asmara Anda saat ini tidak berarti ada yang salah dengan hubungan Anda atau Anda tidak berkomitmen pada pasangan Anda.

Selama pasangan Anda tidak bertindak atas dasar ketertarikannya pada orang lain, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Perhatikan bahwa menyesuaikan ekspektasi Anda tidak berarti menurunkan standar Anda. Anda tidak boleh bersama seseorang yang membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri.

SHARE