Lakukan Ini Sebelum Menerima Promosi Jabatan - Male Indonesia
Lakukan Ini Sebelum Menerima Promosi Jabatan
MALE ID | Works

Membuat keputusan itu bisa jadi menantang karena uang bersifat emosional. Tidak peduli berapa banyak yang Anda miliki, Anda selalu merasa Anda membutuhkan lebih banyak untuk berjaga-jaga. 

Photo by fauxels from Pexels

Banyak orang mengukur kesuksesan dengan angka-angka di rekening bank mereka daripada tingkat kebahagiaan dan kepuasan mereka. Karena itu, sebagian dari Anda mungkin merasa bahwa menolak promosi berarti memilih untuk kurang berhasil.

Tujuan umum orang adalah bekerja lebih keras, bekerja lebih baik, dan menghasilkan lebih banyak uang. Promosi mungkin mencentang beberapa kotak itu, tetapi dapat memiliki implikasi yang luas untuk karier, kebahagiaan, dan orang disekitar Anda. Mengutip laman Recruiter, berikut empat pertanyaan untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri sebelum menerima promosi jabatan.

1. Apakah Pekerjaan Baru Sesuai dengan Bakat, Keterampilan, dan Pengalaman Saya?
Promosi sering kali memerlukan tanggung jawab baru yang membutuhkan bakat dan keterampilan berbeda. Saat Anda menaiki tangga, pekerjaan Anda biasanya akan diubah karena tanggung jawab manajemen baru ditambahkan ke beban kerja Anda.

Bagi banyak profesional seperti konsultan, pengacara, atau akuntan, promosi di perusahaan besar sering kali berarti perubahan total dari pekerjaan sehari-hari yang biasa mereka lakukan. Jika Anda senang bekerja secara langsung dengan klien, Anda mungkin tidak suka kembali ke peran evaluasi.

Apakah pekerjaan baru cocok untuk Anda dan tujuan hidup Anda? Apakah Anda bersemangat menerapkan bakat, keterampilan, dan pengalaman Anda dengan cara baru? Pikirkan apakah Anda akan menemukan serangkaian tanggung jawab baru yang memenuhi atau membuat stres dan seberapa baik mereka selaras dengan tujuan akhir Anda.

2. Apakah Pekerjaan Baru Mengisolasi atau Menyemangati Saya?
Saat Anda menaiki tangga kesuksesan profesional, Anda akan sering menjumpai ekspektasi yang lebih tinggi di setiap anak tangga baru. Anda mungkin menemukan bahwa Anda menyukai beban kerja posisi baru dan jaringan profesional yang diperluas, tetapi Anda mungkin juga mendapati diri Anda bekerja lebih lama, menjawab email di malam hari, dan bekerja pada akhir pekan dan liburan.

Semakin banyak waktu dan perhatian yang Anda gunakan untuk bekerja, semakin sedikit yang Anda miliki untuk teman dan keluarga. Jauh dari keluarga dan teman dapat menyebabkan kesepian dan bahkan depresi bagi sebagian orang. Apakah kerja keras dan gaji yang lebih tinggi sebanding dengan potensi biaya kesehatan mental? 

Jika Anda memutuskan untuk menerima promosi, apakah Anda masih dapat menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan rumah tangga? Apakah pekerjaan tersebut mengharuskan Anda pindah ke kota baru atau area baru di kota? Apakah keluarga Anda juga bisa menyesuaikan diri? 

Pikirkan apakah mengambil pekerjaan baru akan meningkatkan perasaan afiliasi Anda atau membuat Anda merasa lebih terisolasi. Setiap orang berbeda-beda dalam kebutuhan ini, jadi pastikan untuk mempertimbangkan keinginan otentik Anda sendiri.

3. Akankah Pekerjaan Baru Meningkatkan atau Membatasi Perasaan Kebebasan Saya?
Uang tentu saja meningkatkan kebebasan finansial. Mereka yang memiliki lebih banyak uang dapat makan di luar lebih sering, berlibur lebih nyaman, dan tinggal di rumah yang lebih bagus. Pada saat yang sama, lebih banyak uang dari pekerjaan yang lebih intensif waktu dapat berarti lebih sedikit hangout akhir pekan, lebih sedikit waktu dengan keluarga dan teman, dan lebih sedikit waktu untuk tidur dan berolahraga.

Promosi mungkin tidak membatasi kebebasan finansial Anda, tetapi promosi dapat membatasi kebebasan Anda untuk mengejar minat lain. Jika pekerjaan baru lebih menuntut daripada pertunjukan Anda saat ini, apakah peningkatan uang sepadan dengan trade-off-nya? Apakah Anda lebih suka menikmati liburan 10 hari yang menyenangkan tapi murah atau liburan tiga hari yang mewah? Memutuskan apa yang paling penting bagi Anda dalam hidup dapat membentuk keputusan uang dan karier Anda.

Saat menimbang apakah akan mengambil kenaikan gaji, pikirkan bagaimana Anda akan menerapkan penghasilan tambahan untuk meningkatkan hidup dan kebahagiaan Anda. Apa yang akan Anda lakukan dengan kenaikan gaji? Apa tujuan hidup yang didukung oleh gaji yang lebih tinggi? Akankah promosi memberi Anda waktu untuk menggunakan uang itu secara efektif?

Yang benar adalah bahwa begitu kebutuhan Anda terpenuhi, kekuatan uang untuk meningkatkan kualitas hidup Anda berkurang. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang tidak menjadi lebih bahagia ketika pendapatan mereka naik. Sebelum Anda mengambil pekerjaan baru dengan gaji tinggi, tanyakan pada diri Anda bagaimana Anda akan menggunakan uang ekstra untuk membuat hidup Anda lebih baik.

SHARE