Alasan Mengapa Jenggot Anda Punya Banyak Masalah - Male Indonesia
Alasan Mengapa Jenggot Anda Punya Banyak Masalah
MALE ID | Looks

Jenggot rata-rata diketahui tumbuh sepanjang 5,5 inci/tahun, itulah sebabnya kebanyakan pria suka memamerkan jenggot lebat. Namun, seseorang mungkin merasa sulit untuk menumbuhkan jenggot yang sempurna itu, terutama ketika masalahnya terletak jauh di dalam diri. 

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Jika penyebabnya adalah genetik, mungkin tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perubahan. Namun, masalah seperti jenggot yang tidak rata atau jenggot yang kusut bisa jadi karena kurangnya hormon testosteron.

Jika Anda mengalami masalah yang sama, Anda dapat menyembuhkannya dengan menggunakan produk diet dan kebugaran yang tepat. Namun, memilih produk yang tepat bukanlah tugas yang mudah, tetapi sedikit riset akan mendapatkan hasil yang sepadan. 

Mengutip laman The Beard Mag, berikut ini ada beberapa alasan teratas yang menyebabkan jenggot Anda bermasalah. Baik itu jenggot Anda tidak rata atau kusut.

Diabetes dan Testosteron Rendah
Karena Testosteron adalah hormon pendorong utama untuk jenis kelamin pria, kekurangan hormon yang sama dapat menyebabkan diabetes tipe II serta meningkatkan kerontokan rambut. Tidak hanya itu, bahkan jika rambut jenggot Anda tumbuh, pertumbuhannya mungkin cukup lambat dan gagal. 

Orang yang menderita diabetes juga menderita kondisi yang disebut alopecia yang menyebabkan kerontokan rambut karena menyerang sistem kekebalan tubuh dengan rambut rontok terlebih dahulu.

Testosteron membantu jaringan tubuh Anda untuk menyerap glukosa darah sebagai respons terhadap insulin yang diproduksi di pankreas Anda. Namun, pria yang menderita masalah testosteron rendah umumnya memiliki masalah dengan resistensi insulin. 

Mereka mungkin harus memproduksi insulin dalam jumlah yang lebih tinggi untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, yang pada akhirnya menyebabkan diabetes. Namun, dengan produk diet dan kebugaran yang tepat, seseorang dapat menebus kehilangan ini dan mendapatkan kembali jenggot yang lebat dan sehat.

Kebotakan yang Diinduksi DHT
Testosteron yang ada di tubuh Anda dapat dimetabolisme menjadi bentuk yang agak aktif yang dikenal sebagai DHT atau dihidrotestosteron. Hormon ini, jika ada dalam jumlah yang tepat, sangat baik untuk tubuh. Namun, peningkatan atau penurunan tiba-tiba yang sama dapat menyebabkan rambut rontok dan karenanya jenggot tidak merata.

DHT melapisi folikel rambut Anda dan menghambat aliran darah atau nutrisi yang sama, yang menyebabkan rambut rontok atau berkurangnya pertumbuhan rambut. Hal ini juga dapat menyebabkan rambut Anda menjadi kering dan menyebabkan jenggot kusut. Selain itu, aliran nutrisi yang berhenti tiba-tiba juga terkait dengan perubahan warna rambut, yang berarti Anda mungkin melihat diri Anda mendapatkan janggot berwarna kemerahan.

Faktor Usia
Faktor ini tidak diketahui banyak orang, tetapi kadar testosteron pria turun secara signifikan seiring bertambahnya usia. Hal tersebut dapat menyebabkan potensi kebotakan yang disertai dengan hilangnya rambut dari jenggot. Jika genetika Anda telah memberkati Anda dengan surai yang indah, Anda mungkin tidak memerlukan intervensi dari luar. 

Stres
Semua tahu bahwa stres berdampak negatif pada tubuh, dan aturan yang sama juga berlaku untuk jenggot. Stres mungkin tidak secara langsung terkait dengan rambut rontok jenggot, sebaliknya, hal itu menyebabkan penurunan yang signifikan pada tingkat testosteron tubuh Anda.

Idealnya, seorang pria berusia antara 25 dan 40 tahun harus memiliki testosteron berkisar antara 669 mg/dL hingga 597 mg/DL. Angka yang lebih rendah menunjukkan jumlah testosteron yang habis seiring bertambahnya usia. 

Stres berdampak besar pada kesehatan hormonal Anda dan menyebabkan rambut rontok tiba-tiba atau tidak adanya nutrisi dari rambut, yang bisa menjadi penyebab jenggot kusut.

Sampo yang Salah
Anda mungkin tidak mengetahui hal ini, tetapi menggunakan sampo yang salah juga bisa menjadi penyebab penurunan kadar testosteron Anda. Sampo dirancang untuk meresap ke dalam kulit Anda, dan tidak semua sampo sehat untuk folikel rambut Anda. 

Cara yang tepat adalah dengan menggunakan sampo yang dirancang dengan formula bebas bahan kimia atau terbuat dari bahan alami. Ini membantu memulihkan pertumbuhan normal jenggot Anda sehingga Anda dapat memamerkan gaya jenggot Anda.
 

SHARE