Trik Agar Liburan Akhir Tahun Tetap Hemat - Male Indonesia
Trik Agar Liburan Akhir Tahun Tetap Hemat
MALE ID | Relax

Saat libur panjang akhir tahun, semua harga pesawat, hotel & penginapan, maupun penyewaan kendaraan akan menjadi mahal. Tentu saja Anda perlu perencanaan dengan baik & matang agar liburanmu memuaskan namun tetap stay on budget.

Photo by Porapak Apichodilok from Pexels

Kendati libur akhir tahun 2020 cukup panjang, namun jangan sampai uang tabungan habis sepulang dari liburan. Mumpung masih ada waktu menuju pergantian tahun, coba ikuti tips merencanakan liburan hemat di akhir tahun yang tidak bikin kantong Anda kering.

Pilih Destinasi Lokal
Destinasi lokal adalah pilihan terbaik. Tidak usah berkecil hati, Indonesia tidak kalah indah untuk dijelajahi. Destinasi wisata di Indonesia sekarang juga sudah semakin beragam pilihannya dan mudah diakses. Lagipula, traveling ke luar negeri bakalan jauh lebih sulit saat pandemi seperti sekarang ini. Jadi lebih baik sekarang mulai mencari destinasi wisata di Indonesia mana yang ingin Anda kunjungi.

Lakukan Riset
Anda wajib riset untuk menentukan tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Bacalah dan tontonlah review dari orang-orang yang pernah ke tempat wisata itu sebelumnya. Anda perlu mencari tahu berapa biaya yang perlu Anda siapkan untuk liburan akhir tahun ini. 

Bandingkan harga penginapan yang satu dengan yang lain. Bandingkan harga transportasi yang satu dengan yang lain. Dengan begitu, Anda bisa menentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan juga kemampuan Anda untuk liburan.

Susun Anggaran
Ini adalah tips hemat saat liburan yang sangat penting. Anda harus membuat anggaran pengeluaran selama liburan. Ini penting agar Anda tahu batasan-batasan uang yang Anda miliki.

Anggaran ini perlu dibuat dengan benar-benar teliti. Hitung biaya untuk membeli tiket transportasi, penginapan, berkunjung ke tempat wisata, juga biaya untuk membeli oleh-oleh.

Tentukan Waktu dan Lamanya Liburan
Merencanakan liburan adalah menentukan waktu keberangkatan, serta berapa lama Anda akan menghabiskan waktu. Jangan anggap sepele karena hal tersebut berdampak pada tujuan, pemesanan tiket perjalanan, sampai hotel atau penginapan.

Bila Anda mendadak membeli tiket pesawat atau moda trasnportasi lain untuk pulang dan pergi, pesan hotel karena tidak ada persiapan, tentu saja akan berpengaruh pada biaya liburan Anda. Kalau terlalu lama berlibur pun, tidak baik untuk “kesehatan” dompet.

Jangan Tunda Lagi, Rencanakan dari Sekarang
Kunci keberhasilan dari liburan yang seru dan menyenangkan adalah dengan merencanakannya sebaik mungkin. Mulailah mempersiapkannya minimal 2-3 bulan sebelum tanggal liburan yang sudah Anda tentukan. Lebih lama dari itu akan semakin baik. Yang penting konsisten menabung untuk mencapai target bujet.

Kalau uang sudah terkumpul, Anda bisa liburan dengan nyaman tanpa beban keuangan. Stres hilang setelah liburan, isi dompet pun aman. Selamat mencoba.  

SHARE