Lakukan Hal Ini Jika Pasangan Anda Alami Depresi - Male Indonesia
Lakukan Hal Ini Jika Pasangan Anda Alami Depresi
MALE ID | Relationships

Pasangan yang depresi bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng, karena kemungkinan akan mempengaruhi semua aspek hubungan. Pasangan yang mengalami depresi sering kali merasa kurang motivasi dan energi.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Seorang yang depresi bisa merasa seperti telah kehilangan orang yang mereka cintai, sampai mempertanyakan apakah mereka bisa tetap menjalin hubungan. "Mereka merasa sedih karena tidak memiliki hubungan yang dulu pernah mereka jalani, dan terkadang ini terasa seperti proses berduka," kata terapis Shane Birkel dalam laman Mindbodygreen.

"Hal ini sering kali menimbulkan kekecewaan dan kebencian karena mereka merasa telah menahan hubungan secara tidak proporsional," Tambah Birkel.

Sebagai pasangan, bagaimana Anda dapat mendukung dan mencintai seseorang yang mengalami depresi tanpa berperan sebagai terapisnya? Inilah yang perlu Anda lakukan.

Jangan Mencoba Memperbaikinya
Daripada terus-menerus menawarkan solusi, lebih baik berikan ruang kepadanya. Beri tahu pasangan Anda  bahwa "Aku di sini untuk mendengarkan" atau "Aku ingin lebih memahami apa yang kamu alami sekarang" dan "Aku di sini untukmu meskipun depresi mungkin memberitahumu".

Prioritaskan Kasih Sayang
Berbelas kasih kepada orang yang depresi dan berusaha untuk tidak menyalahkan atau menghakimi adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mendukung pasangan Anda. Kedengarannya sederhana, tetapi karena dinamika semacam ini dapat menumbuhkan kebencian, ini mungkin perlu dilakukan secara sadar.

Hindari Toxic Positivity
Menyuruh seseorang untuk "tetap positif" tidaklah efektif. Faktanya justru sebaliknya. Bisa jadi itu mungkin akan membuat mereka merasa lebih buruk, lemah, malu karena merasa sedih, dan kurang bisa merasa aman dalam hubungan Anda.

Dukung Tujuan Mereka
Memiliki tujuan dianggap sebagai faktor integral dalam kesejahteraan seseorang secara keseluruhan, dan orang yang depresi sering bergumul dengan kekurangan makna. Mendukung tujuan pasangan Anda dapat membantu mereka merasa diberdayakan.

Jangan Takut Bertanya
Penting untuk tidak takut mengajukan pertanyaan meskipun pertanyaan itu sulit. Apakah mereka cukup makan? Merasa putus asa? Bahkan mungkin ingin bunuh diri? 

Ada kesalahpahaman umum bahwa jika Anda bertanya kepada seseorang apakah mereka pernah berpikir untuk bunuh diri, Anda mungkin akan memasukkan ide itu ke dalam kepala mereka atau mendorong mereka untuk melakukannya. Ini tidak benar. Justru mereka merasa sangat senang bagi orang yang sedang memikirkannya.

SHARE