Konsumsi Ini Untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak - Male Indonesia
Konsumsi Ini Untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak
MALE ID | Sex & Health

Anda ingin kecerdasan Anda bertambah? Penuhilah asupan makanan yang bisa mendongkrak kecerdasan otak. Biasanya makanan ini dijuluki sebagai “brain food” karena dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak.

Male IndonesiaPhoto:pexels.com

Otak adalah organ tubuh paling serakah energi. Dengan berat hanya dua persen dari total berat badan kita, otak bisa memakan lebih dari 20 persen dari total asupan kalori harian. Jadi, apa yang kita makan akan mempengaruhi kinerja otak.

Demikian pula seiring pertambahan usia, salah satu efek penuaan adalah penurunan fungsi otak dan kemampuan daya ingat. Karena itu untuk memperlambat proses penuaan pada otak dan menjaga fungsinya agar tetap baik, penting untuk mengonsumsi makanan sehat untuk otak.

Beberapa makanan berikut ini, dilansir dari The Health Site, sudah terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi otak kita. Masukkan brain food ini ke dalam menu makan harian Anda untuk memelihara kesehatan otak dan meningkatkan kecerdasan.

Minuman Kakao

Flavanol adalah sekelompok molekul yang terjadi secara alami dalam buah dan sayuran.Selain memiliki efek menguntungkan pada kesehatan jantung, peneliti juga mengatakan bahwa konsumsi flavanol yang teratur bisa meningkatkan ketangkasan mental dan pikiran Anda.

Kakao adalah sumber flavonoid terkaya, tetapi juga terdapat dalam anggur, apel, teh, beri, dan makanan lainnya. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa orang yang diberi minuman kakao yang mengandung flavanol tingkat tinggi mampu menyelesaikan tugas kognitif tertentu lebih banyak. Hasil studi tersebut dipublikasikan di jurnal Scientific Reports.

Dalam tes kognitif itu juga, para sukarelawan yang meminum minuman yang diperkaya flavanol melakukan tugas-tugas itu jauh lebih cepat daripada kelompok lainnya.

Ikan Salmon

Ikan berminyak ini juga sangat tinggi asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk kinerja otak dan kesehatan jantung. Kekurangan omega-3 dikaitkan dengan kelelahan, ingatan yang buruk, dan perubahan suasana hati. Ikan tuna dan halibut juga bisa memberikan dosis omega-3 yang sehat.

Alpukat

Buah berwarna hijau kekuningan ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah tinggi, yang membantu melindungi sel-sel di otak dan memberi dukungan pada saraf pembawa informasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa alpukat meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otak Anda, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Kacang

Selain meningkatkan kekuatan otak Anda, makan kacang juga dapat menstabilkan mood Anda. Kacang mengandung vitamin E, yang dapat membantu mengurangi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Kenari adalah jenis kacang kacangan yang terbaik dalam hal kesehatan otak. Kenari sumber DHA yang sangat baik, sejenis asam lemak omega-3 yang telah terbukti meningkatkan kinerja kognitif pada orang dewasa dan mencegah penurunan kognitif terkait usia.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, lobak, dan sawi penuh dengan nutrisi seperti folat, zat besi, kalsium, dan vitamin E dan K. Ini sangat baik untuk otak Anda. Konsumsi sayuran hijau seperti itu mampu memperlambat penurunan kognitif terkait usia.

Blueberry

Konsentrasi antioksidan yang tinggi dalam blueberry membantu menyeimbangkan jumlah radikal bebas dalam tubuh untuk melawan stres oksidatif. Seperti diketahui, stres oksidatif dapat mempercepat proses penuaan otak dan merusak fungsi otak.

Sebuah studi dari Tufts University menunjukkan bahwa blueberry dapat meningkatkan memori serta membalikkan kehilangan/kerusakan memori otak.

SHARE