Jangan Asal Modifikasi Rem Mobil, Perhatikan Ini - Male Indonesia
Jangan Asal Modifikasi Rem Mobil, Perhatikan Ini
MALE ID | Sport & Hobby

Modifikasi rem mobil kerap dilakukan untuk meningkatkan performa pengereman mobil. Modifikasi rem ini dilakukan dengan memperbesar ukuran disc brake dan kaliper, atau biasa disebut Big Brake Kit (BBK).

Photo by jae park from Pexels

Sistem pengereman adalah komponen vital pada kendaraan. Karena perangkat ini bertugas untuk menghentikan laju kendaraan tersebut baik untuk keselamatan maupun performa. Karenanya mobil-mobil dengan kemampuan laju yang kencang biasanya akan menggunakan perangkat pengereman yang terbaik pula.

Lalu pertanyaannya, sebenarnya apa yang perlu diperhatikan ketika hendak modifikasi bagian rem mobil? Mengutip dari berbagai sumber berikut hal yang perlu diperhatikan.

Perhatikan PCD
PCD atau lubang pada disk brake harus disesuaikan dan harus presisi, biasanya lubang disc brake hanya 1 model, jika ada 2 model, bisa jadi sebelumnya sudah dilakukan modifikasi. 

Daya Pengeremanan
Sering kali seseorang yang mengganti rem standar dari mobilnya dengan perangkat rem aftermarket hanya demi mencapai penghentian laju mobil yang lebih singkat. Nyatanya, ada dua hal yang harus diperhatikan saat modifikasi rem mobil. Pertama yaitu harus memperhatikan kemampuan daya penghentiannya, dan kedua punya kemampuan pembuangan panas yang optimal.

Untuk poin pertama rasanya banyak yang sudah paham dan mengambil langkah ini. Namun masih cukup banyak juga yang mengabaikan kemampuan membuang panas dari sistem rem tersebut. Padahal panas yang dihasilkan oleh gesekan antara rotor dan bantalan rem akan mencapai suhu yang sangat tinggi. 

Jadi jika komponen ini terlalu panas dalam waktu cukup lama, maka komponen akan menjadi mudah aus, kurang efektif dalam kinerjanya atau malah tidak bisa berfungsi sama sekali.

Ukuran Big Brake Kit Sesuaikan Ukuran Pelek
Beberapa produk Big Brake Kit (BBK) menawarkan ukuran yang beragam, ukuran Big Brake Kit (BBK) harus disesuaikan dengan ukuran pelek. Untuk pelek ukuran 16 inci, gunakan cakram ukuran 304 mm, untuk ukutan 17 inci ppakai 330 mm.

Untuk pelek yang lebih besar seprti 18 inci gunakan ukuran cakram 345 mm-356 mm, 19 inci gunakan ukuran 380 mm, dan 20 inci pakai yang maksimal 405 mm.

Modifikasi Rem Setelah Modifikasi Mesin
Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah, lakukan modifikasi rem mobil dengan mengganti dari barang aftermarket setelah mesin dilakukan modifikasi yang menciptakan peningkatan daya cukup besar. Apabila modifikasi hanya sekedar mengubah eksterior maupun interior, maka mengganti rem dengan produk yang pebih berkualitas hanya buang-buang uang saja.

Kemudian jika modifikasi mesin juga cuma sekedar peningkatan tenaga dari mesin standar, maka cukup modifikasi rem mobil dengan mengganti rem bagian roda depan saja. Sedangkan rem belakang masih cukup dengan rem standar pabrikan. Kecuali modifikasi mesin yang dilakukan sudaha cukup ektrim, misalnya hingga tenaga dari mobil tersebut melonjak lebih dari 2x lipat.

SHARE