Cara Mencuci Muka Pria yang Ternyata Salah - Male Indonesia
Cara Mencuci Muka Pria yang Ternyata Salah
MALE ID | Looks

Para pria mempunyai kebiasaan mencuci muka sampai bersih setibanya di tempat kerja. Hal ini disebabkan oleh paparan debu, asap dan polusi udara jalanan kota. Belum lagi kemacetan parah yang membuat wajah semakin berkeringat.

Male IndonesiaPhoto by Mas Vathon from Pexels

Apabila dilakukan dengan benar, cuci muka merupakan cara paling mudah dalam kegiatan merawat kulit. Tetapi beberapa hal sepele yang kurang tepat justru dapat mengakibatkan wajah Anda lebih cepat tua. Benarkah demikian?

Betul. Bahkan bisa jadi wanita mana pun beranggapan usia Anda sudah sangat tua walau kenyataan mengatakan sebaliknya. Kebiasaan mencuci muka seperti inilah yang dimaksud.

Membersihkan Pakai Air Panas
Menggunakan air panas untuk mencuci muka barangkali terasa nyaman, tetapi bisa menghilangkan kelembapan dan minyak alami. Sehingga menyebabkan kulit kering, merah disertai gatal-gatal. Sebaiknya gunakan air hangat bila tidak tahan dengan air dingin. Selain itu jangan lupa membilasnya pakai sabun sampai benar-benar bersih.

Mencuci Muka Sekali dalam Sehari
Membasuh wajah sekali dalam sehari tidaklah cukup. Entah pada pagi atau malam saja. Karena sewaktu kita tidur, bakteri tumbuh disertai produksi minyak berlebih. Polusi adalah faktor utama penyebab kulit stres, hilangnya kolagen dan masalah pigmentasi. Sempatkan mencuci muka dua kali sehari, terutama sebelum Anda berangkat tidur.

Salah Menggunakan Pembersih Wajah
Kulit berminyak dan dipenuhi jerawat? Jangan salah memilih pembersih wajah. Coba gunakan pembersih dalam bentuk gel, dimana menghilangkan minyak secara lebih baik. Sementara bagi Anda yang berkulit kering atau sensitif disarankan menggunakan pembersih lembut demi menjaga minyak alami dan kelembapan kulit.

Terbiasa Menyikat Wajah
Sikat wajah dipercaya dapat membersihkan kulit lebih baik dibandingkan menggunakan tangan. Tetapi mempraktikkannya pada kulit terlalu kering dan sensitif sangat tidak dianjurkan. Terutama jika sikat wajah mengandung bahan-bahan berbahaya. Semakin banyak kulit terkelupas berujung kepada penuaan kulit.

Scrub Berbahan Kasar
Pada dasarnya, kulit mengelupas beberapa kali dalam waktu seminggu akan menjadi pertanda baik. Yakni membantu mengangkat sel kulit mati. Lantas apakah baik apabila kulit terkelupas terlalu sering? Tentu tidak. Butiran scrub berbentuk kasar menyebabkan kerusakan kulit sekaligus menimbulkan keriput. Jadi, pilih scrub yang tepat menyesuaikan keperluan Anda.

SHARE