Bahasa Tubuh Ungkap Rahasia Perasaan Anda - Male Indonesia
Bahasa Tubuh Ungkap Rahasia Perasaan Anda
MALE ID | Relationships

Bahasa tubuh terkadang bisa mengungkap beberapa rahasia yang sedang dirasakan seseorang. Dalam beberapa wawasan tentang ekspresi tubuh, analisis berikut ini mencoba menjelaskan apa yang sedang terjadi pada seseorang dilihat dari gerakan tubuhnya saat itu.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Menyilangkan Tangan

“Orang lain mungkin membaca posisi menyilangkan kedua tangan berarti Anda sedang merasa tidak aman, cemas, defensif, atau keras kepala,” kata Barbara dan Allen Peases dalam The Definitive Book of Body Language.

Sementara Janine Driver, penulis buku terlaris New York Times You Can't Lie to Me, mengatakan bahwa pose ini dapat membuat seseorang lebih baik ketika bertahan pada tugas yang sulit.

Driver mengutip dari sebuah penelitian tentang orang dewasa yang menyilangkan tangan mereka dan kemudian ditanyai soal matematika yang sulit. 30 persen lebih dari mereka terus mencoba menyelesaikannya daripada mereka yang mempertahankannya dengan menyilangkan tangan.

"Tindakan menyilangkan tangan memanfaatkan otak kiri dan kanan Anda, menciptakan fungsi kognitif yang lebih tinggi," kata Driver, dilansir dari readersdigest canada.

Dalam video Wired 2019, mantan agen FBI Joe Navarro bahkan menyebut bahwa menyilangkan tangan sebagai isyarat "menenangkan diri", dimaksudkan untuk menghibur diri sendiri.

Berdiri Tolak Pinggang

Anda mungkin mengira pose Superman menunjukkan sisi percaya diri, tetapi waspadalah karena Driver mengatakan bahwa sikap ini sering kali terkesan agresif.

Itu karena Anda mengambil lebih banyak ruang dan “mengancam” dengan siku tangan  lancip, seolah mencegah orang lain mendekati Anda.

“Kami menjadi sangat teritorial, ketika kami melakukan pose ini,” kata Navarro. Bahkan dengan hanya menopang satu tangan di pinggang, Anda dapat memberikan getaran yang mengintimidasi.

Kontak mata

Jika Anda ingin bahasa tubuh Anda menunjukkan bahwa Anda sedang mendengarkan orang lain, lakukan kontak mata. Tapi batasi, jangan menatap terlalu agresif karena bisa dianggap mengancam.

“Ketika Anda kontak mata lebih dari 80 persen, orang yang Anda ajak berkomunikasi akan merasa tidak nyaman,” jelas Driver. Namun jika memberi terlalu sedikit (40 persen atau kurang) bisa juga menjadi pertanda kebohongan, atau Anda hanya berpura-pura mendengarkannya.

Menurut Driver, idealnya sekitar 50-60 persen, beri mereka kontak mata. Lalu sedikit alihkan pandangan Anda ke tempat lain.

Pergelangan Kaki di Atas Lutut

“Jika Anda duduk dengan kaki disilangkan, pergelangan kaki di atas lutut, Anda percaya diri dan mendominasi,” kata Driver. Dikenal sebagai "angka empat" di lingkaran bahasa tubuh.

Driver menjelaskan saat Anda duduk dalam posisi ini, Anda membuka "zona kekuatan", atau bagian bawah tubuh. “Kami memiliki tiga area di tubuh kami, di mana kami terbuka saat bebas stres dan santai yaitu lesung pipi, pusar, dan ‘bagian nakal’,” katanya.

Meski gerakan ini didominasi oleh pria, tetapi menurut Driver, wanita sekarang semakin sering duduk seperti ini.

Menjalin Jari

Jika Anda menjalin jari bersama pasangan, ini adalah sikap romantis. Tetapi bila Anda menjalin jari kedua tangan sendiri, ini bisa menjadi tanda stres atau ketidaknyamanan.

Menurut Navarro, ini adalah gerakan sebagai upaya menenangkan diri akibat dari ketidakpuasan akan sesuatu. “Ketika ada sesuatu yang mengganggu kita, cenderung menegang jari kita, menjalinnya, atau menggerakkan tangan kita maju mundur dengan sangat lambat,” pungkasnya.(*)

 

SHARE