Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tahan Lama - Male Indonesia
Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tahan Lama
MALE ID | Looks

Pepatah mengatakan bahwa, semua hal tentang seorang pria bisa dilihat dari sepatu yang dikenakannya. Maka dari itu, penting bagi pria untuk bisa merawat sepatu yang dikenakannya. Apalagi untuk sepatu kulit.

Photo by THOR GARLAN from Pexels

Anda mungkin mengenakan sepatu kulit yang mahal dan bergaya, tetapi apakah kondisinya dalam kondisi terbaik? Sangat penting untuk merawat sepatu Anda jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lama, serta terlihat ramping dan bergaya. Mengutip laman Mens Boutique, berikut ini cara merawat dan memelihara sepatu kulit Anda.

Bersihkan Secara Teratur
Penting untuk membersihkan sepatu secara teratur menggunakan pembersih kulit khusus, termasuk memoles sepatu juga. Mungkin mahal untuk berinvestasi dalam pembersih kulit tetapi itu pasti bermanfaat. 

Memoles sepatu akan memberi nutrisi penting pada kulit sepatu dan membuat sepatu Anda terlihat berkilau dan baru. Ingatlah untuk mencocokkan semir dengan warna sepatu.

Bersihkan Sepatu Kulit Setelah Digunakan
Dalam merawat sepatu kulit, sebaiknya bersihkan sepatu setelah digunakan. Semakin cepat Anda membersihkannya, semakin kecil kemungkinannya terkena noda, dan seiring waktu kotoran semakin sulit dihilangkan, jadi semakin sering Anda membersihkan sepatu, akan semakin mudah.

Gunakan Produk Anti Air
Setelah membeli sepasang sepatu kulit, Anda disarankan untuk menggunakan produk anti air pada sepatu tersebut sebelum Anda keluar untuk pertama kali. Ini membantu menyegel kulit dan mencegah kelembapan merusak bentuk sepatu. 

Jika terlalu banyak kelembapan yang masuk ke dalam kulit, hal itu menyebabkan sepatu meregang. Namun, kelembapan yang terlalu sedikit bisa merusak kulit karena menyebabkan kulit menyusut.

Menggunakan pengusir air berbahan dasar air membantu memastikan bentuk sepatu Anda tidak pernah terganggu. Jika Anda membuat sepatu benar-benar basah, keringkan dengan koran dan jauhkan dari panas langsung.

Perbaiki Langsung Jika Ada Kerusakan Kecil
Jika sepatu perlu diperbaiki, pastikan Anda pergi ke tukang sepatu profesional untuk melakukan pekerjaan itu. Mereka tahu persis apa yang mereka lakukan dan mereka memiliki alat dan perlengkapan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas tersebut.

Jangan pernah mencoba memperbaiki sepatu sendiri. Semakin awal Anda melihat kerusakan, semakin sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki masalah.

Jadi, jika Anda benar-benar ingin berpegang pada sepatu kulit favorit, sangat penting untuk merawat kulitnya, serta solnya! Lagi pula, Anda telah membayar banyak uang untuk sepatu jenis ini, maka perlu dijaga agar bertahan lama. Jika Anda merawatnya dengan benar menggunakan tip di atas, Anda akan mendapatkan sepasang sepatu kulit yang tahan lama.

SHARE