Dampak Buruk Natrium Pada Kehidupan Seks - Male Indonesia
Dampak Buruk Natrium Pada Kehidupan Seks
MALE ID | Sex & Health

Natrium atau sodium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga tekanan darah dan menyediakan saluran sinyal saraf.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Natrium secara alami terkandung dalam berbagai makanan, termasuk makanan hewani, nabati, dan makanan olahan serta kemasan. Jenis garam dapur (natrium klorida) sendiri merupakan sumber utama yang paling banyak dikonsumsi orang.

Ketika kadar natrium dalam tubuh terlalu rendah atau disebut hiponatremia, dapat menimbulkan beberapa gejala tertentu seperti mual dan muntah, sakit kepala, kehilangan energi, merasa mengantuk, kelelahan, gelisah dan mudah tersinggung, lemah otot hingga kejang otot (kram).

Sebaliknya, jika terlalu tinggi kadar natrium dalam tubuh atau hipernatremia bisa menyebabkan dehidrasi dan selalu merasa haus. Namun, pada kasus yang parah, hipernatremia dapat memicu disfungsi otak, kebingungan, otot berkedut, kejang, hingga koma.

Berbagai riset telah menunjukkan, kadar natrium yang tinggi dikaitkan dengan tekanan darah tinggi (hipertensi). Kondisi ini dapat mempengaruhi berbagai organ, termasuk ginjal dan jantung.

Sebuah studi di The Institute of Environmental Medicine (IMM), Karolinska Institutet, Stockholm, Swedia, mengatakan bahwa asupan natrium yang tinggi juga dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun laten pada orang dewasa.

Selain itu, dilansir dari The Health Site, terlalu banyak natrium dalam makanan ternyata juga dapat berdampak buruk pada kehidupan seks Anda. Karena begini, tekanan darah tinggi akibat asupan garam berlebihan akan berisiko mengalami penyumbatan arteri dan kerusakan pembuluh darah.

Hal itu, pada gilirannya, bisa mengurangi aliran darah di tubuh, termasuk ke area panggul Anda. Artinya, aliran darah ke panggul akan terhambat. Ini bisa menjadi salah satu penyebab utama disfungsi ereksi.

Alat vital pria tentunya membutuhkan aliran darah yang tepat untuk mencapai dan mempertahankan ereksi. Karena itu, bila menghadapi masalah dengan ereksi alat vital, segera periksakan tekanan darah Anda.

Kelebihan natrium dalam tubuh juga bisa membuat dorongan seks Anda menurun. Bahkan parahnya lagi, Anda akan kehilangan minat berhubungan intim.

Tidak hanya pria, penelitian mengatakan bahwa natrium yang tinggi juga dapat mempengaruhi kehidupan seks wanita. Mereka akan mengalami masalah untuk terangsang, salah satunya dikarenakan penurunan aliran darah ke area vagina. Masalah lain yang mungkin muncul adalah kekeringan vagina dan jarangnya orgasme.

Perhatikan Asupan Natrium

Jadi, sebelum Anda mengalami hal buruk di atas, selalu perhatikan asupan natrium yang Anda makan. Dengan membatasinya dalam jumlah yang sehat, akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi secara signifikan.

Ada perbedaan rekomendasi batas konsumsi natrium. Misalnya, World Health Organization (WHO) menganjurkan agar sodium tak dikonsumsi di atas 2 gram dalam satu hari. Sementara itu, American Heart Organization merekomendasikan batas harian tersebut yaitu 1,5 gram.

Meski agak sulit menghitung asupan garam yang Anda konsumsi setiap hari, namun apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi maka memang harus dikurangi mengonsumsinya. Bahkan walau Anda tidak punya tekanan darah tinggi, membatasi konsumsi garam adalah cara terbaik.

Juga periksakan diri Anda secara teratur untuk gula darah dalam tubuh, kadar kolesterol dan hipertensi. Berolahraga secara teratur akan membantu Anda mencegah banyak penyakit, terutama penyakit yang bisa menurunkan gairah seks Anda. Dengan menerapkan gaya hidup sehat akan membantu menjaga tekanan darah tetap sehat dan Anda pun bisa menikmati kehidupan seks yang sehat.

SHARE