Alasan Staycation Kini Menjadi Liburan Baru - Male Indonesia
Alasan Staycation Kini Menjadi Liburan Baru
MALE ID | Relax

Semua orang tentu membutuhkan liburan bersama atau hanya sendiri. Hal itu untuk mengurangi rasa jenuh atau stres, seperti di tempat kerja. Tapi di saat pandemi COVID-19, mungkin menentukan liburan beberapa minggu ke depan tidak ada dalam jadwal. Sehingga mengapa sekarang banyak pelancong beralih ke "staycation".

Photo by Andrew Neel from Pexels

Staycation adalah liburan di mana Anda tinggal di rumah atau di dekat rumah Anda, seperti hotel, hostel, atau homestay hanya untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Staycation juga bentuk dari perjalanan yang lebih singkat, lebih dekat ke rumah, atau bahkan tinggal di halaman belakang rumah Anda sendiri.

Kendati sesimpel itu, staycation menawarkan banyak manfaat mental dan fisik yang sama dengan bentuk liburan lainnya, tetapi dengan staycation Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih banyak. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini alasan mengapa staycation menjadi bentuk dari liburan baru.

Bisa Memaksimalkan Waktu Cuti
Staycations umumnya tidak memerlukan penerbangan atau perjalanan yang panjang, atau logistik perjalanan yang rumit. Sebaliknya, liburan sering kali memiliki banyak rintangan yang harus dilalui sebelum Anda benar-benar dapat bersantai. Dan siapa yang ingin menghabiskan waktu liburan berharga mereka melewati rintangan bukan? 

Menurut Asosiasi Perjalanan AS, rata-rata pekerja Amerika memperoleh 23,9 hari cuti pada 2018 tetapi hanya menggunakan 17,4 hari. Merencanakan staycation dapat membantu Anda memaksimalkan waktu libur yang Anda peroleh.

Memaksimalkan "Jaga Jarak" Saat Pandemi
Sekarang hidup di era "jaga jarak" kontak fisik, atau bahkan mungkin bisa lebih luas, seperti jarak sosial. Sehingga penting untuk meminimalkan jumlah tempat yang Anda kunjungi dalam satu perjalanan. Selain itu, rencana perjalanan liburan sering kali dipenuhi dengan lusinan hal yang harus dilakukan dan tempat untuk dikunjungi.

Tetapi rencana perjalanan staycation bisa sangat sederhana. Jika Anda pernah mengingingkan duduk di tepi kolam renang sepanjang hari atau bersantai di ranjang hotel yang nyaman tanpa rencana lain, staycation adalah pintu untuk keinginan Anda tersebut.

Anggaran Liburan Lebih Maksimal
Pikirkan tentang anggaran liburan rata-rata Anda dan berapa banyak yang Anda belanjakan untuk penerbangan dan biaya bagasi. Dengan staycation, Anda melewatkan sebagian besar biaya transportasi, sehingga Anda dapat memperpanjang anggaran perjalanan Anda lebih jauh. 

Gunakan uang ekstra itu untuk kamar hotel yang telah diupgrade, perawatan tubuh yang bagus, atau mungkin tambahan staycation di akhir tahun. Jika cuaca tidak menjadi masalah, rencanakan staycation Anda untuk musim sepi saat tarif hotel lebih rendah.

Manjakan Diri
Manjakan diri Anda dengan makanan enak dan hindari kontak sosial tambahan dengan memesan layanan kamar daripada makan di luar. Banyak hotel yang mengubah menu makan di dalam kamar atau memperpanjang jam layanan kamar sebagai tanggapan terhadap COVID-19, jadi pengalamannya mungkin berbeda dari biasanya.

Jika Anda staycation di belakang rumah dan ingin nikmati makanan lezat untuk dibawa pulang dari restoran lokal. Anda hanya perlu memesannya via online. Sehingga Anda bisa menikmati dengan santai tanpa harus mengantri. 

SHARE