Permasalahan dan Cara Mengatasi YouTube Error - Male Indonesia
Permasalahan dan Cara Mengatasi YouTube Error
MALE ID | Digital Life

YouTube merupakan salah satu laman favorit banyak orang karena paling banyak di kunjungi di jagat dunia maya. YouTube memang menyediakan banyak sekali video sebagai sarana hiburan yang bisa dilihat kapan dan dimana saja.

Photo by CardMapr on Unsplash

Namun, seringkali saat nonton video, YouTube tiba-tiba error. Akibatnya video tidak bisa memutar video atau bahkan tidak bisa dibuka. Jadi, apa solusi untuk mengatasi YouTube tidak bisa dibuka di perangkat PC, Android dan iPhone? Seperti mengutip laman Fossbytes, berikut ini cara mengatasi YouTube error di perangkat Anda.

Error di Android
Jika terjadi error pada YouTube di Android, langkah pertama yang harus dilakukan adalah restart perangkat dan akun YouTube Anda. Kemudian hapus data aplikasi melalui menu Pengaturan, Penyimpanan, dan bersihkan cache. Pastikan tidak ada aplikasi pihak ketiga yang memblokir YouTube.

Error di iOS
Apabila YouTube tidak berfungsi pada iPhone dan iPad, cara mengatasinya hampir sama dengan perangkat Android. Tambahannya, coba update aplikasi YouTube dan versi iOS Anda. Periksa ruang penyimpanan pada perangkat. Jika sudah mendekati batasnya, kemungkinan akan terjadi masalah ketika memutar video YouTube. Terakhir, pastikan data seluler untuk YouTube diaktifkan agar berfungsi dengan baik.

Error di Web Browser
Jika hal ini terjadi pada Chrome, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah restart PC dan web browser. Setelah itu coba hapus cache yang sudah lama pada Chrome. Perhatikan juga apakah ada ekstensi mencurigakan yang terpasang di browser.

Terkadang ekstensi jahat bisa saja menghalangi kinerja web browser. Jika masih belum berfungsi, coba pastikan bahwa web browser yang digunakan adalah versi terbaru. Aktifkan Javascript agar YouTube berfungsi dengan baik.

Kualitas Video Buruk
Anda mungkin pernah mengalami video yang dimainkan dalam 720p. Sedangkan saat diunggah kualitasnya mencapai 4K. Hal ini terjadi karena kualitas jaringan internet yang kurang memadai. Misalnya jika ingin melakukan streaming video kualitas 4K tanpa buffering, kecepatan koneksi harus lebih dari 20 Mbps. Kualitas video yang tidak sesuai dengan resolusi layar juga dapat menjadi penyebabnya. Akhirnya YouTube membatasi kualitas video sesuai layar perangkat Anda.

YouTube Menunjukkan Layar Hijau
Layar hijau mungkin akan muncul ketika video YouTube tidak dapat dimuat. Jika hal ini terjadi langkah yang harus dilakukan adalah menonaktifkan akselerasi perangkat keras dan perbarui driver GPU.

Layar Tampilan YouTube Hitam
Terkadang jika ada kasus seperti masalahnya ada pada pihak YouTube yang berakibat video tidak dapat diputar. Namun jika masalahnya ada di perangkat Anda, langkah pertama yang harus dilakukan adalah keluar dari akun YouTube dan kemudian masuk kembali. Beberapa tips yang mungkin membantu sama seperti membersihkan cache dan memperbarui browser yang digunakan.

Periksa Internet untuk YouTube Outage
Beberapa waktu lalu Cloud Google sempat mengalami down selama 4 jam yang berimbas kepada beberapa layanan termasuk YouTube. Maka itu, penting mencari tahu terlebih dahulu masalah yang Anda alami apakah juga terjadi pada orang lain. Caranya dengan mengakses situs Down Detector atau Down for Everyone or Just Me.

SHARE