Sebenarnya Apa Saja Keuntungan dari Cashless? - Male Indonesia
Sebenarnya Apa Saja Keuntungan dari Cashless?
MALE ID | Works

Pesatnya perkembangan teknologi belakangan ini sanggup membuat perubahan besar di berbagai sektor kehidupan. 10 tahun lalu, mungkin akan merasa aneh ketika tidak memegang uang tunai seharian. Tapi kini, hampir semua orang mulai terbiasa bertransaksi non tunai dengan teknologi pembayaran digital.

Photo by Negative Space from Pexels

Salah satunya industri finansial dengan munculnya mesin EDC, kartu e-money, mobile banking, pembayaran via QR code, sampai kredit online tanpa kartu kredit.  Industri ini pun sekarang memiliki sebutan tersendiri yang dikenal dengan fintech (financial techonolgy) dan membentuk sebuah tren baru, yaitu cashless society. 

Sederhananya, cashless merupakan kegiatan pembayaran yang dilakukan secara non-tunai, melalui media berbentuk kartu, maupun aplikasi. Menurut penelitian oleh Visa yang dilakukan terhadap 4000 responden mulai dari usia 18 tahun, 76% masyarakat Indonesia menyatakan mereka merasa percaya diri dapat hidup tanpa uang tunai selama 24 jam.

Penelitian ini juga menyatakan bahwa 61% merasa lebih aman menggunakan kartu pembayaran daripada harus membawa uang tunai. Lalu, sebanyak 85% responden telah melakukan pembayaran digital menggunakan ponsel cerdas untuk berbagai kebutuhan, seperti berbelanja, memesan taksi dan membayar makanan di restoran.

Studi tersebut juga menyatakan bahwa perkembangan teknologi dan inovasi telah mendorong konsumen Indonesia untuk lebih sering menggunakan pembayaran elektronik dalam kehidupan sehari-hari daripada bertransaksi secara tunai.

Transaksi tanpa menggunakan uang tunai ini memiliki beragam keuntungan lain yang bisa dimanfaatkan para penggunanya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah keuntungan dan manfaatnya.

Setiap Transaksi Memiliki Catatan yang Jelas
Dengan teknologi yang ada setiap transaksi yang Anda lakukan akan terlihat pada histori transaksi. Hal ini berlaku baik Anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, kartu debit, hingga dompet digital. Adanya catatan yang jelas tersebut tentu dapat membuat Anda mengelola keuangan dengan lebih baik. 

Transaksi Selesai Hanya dengan Beberapa Klik
Dengan pembayaran cashless, semua semakin mudah dan praktis. Kalau dulu Anda harus pergi ke bank untuk mentransfer uang, kini semua bisa dilakukan melalui smartphone. Begitu pula ketika belanja online. Selesai pilih barang, Anda tinggal klik dan klik, lalu transaksi pun selesai.

Aman dari Risiko Kejahatan
Pernah merasa was-was ketika membawa uang tunai dalam jumlah besar? Kini Anda tidak perlu lagi merasakan hal tersebut. Seperti kata hasil penelitian di atas, 61% responden merasa lebih aman menggunakan kartu pembayaran daripada harus membawa uang tunai.

Reward yang Menguntungkan 
Untuk menarik para pengguna tetap bertransaksi secara cashless, biasanya para pelaku fintech memberikan reward yang menguntungkan. Contohnya bisa berupa poin untuk ditawarkan dengan promo lain seperti cashback hingga diskon dari merchant yang bekerja sama. 

Selain dalam bentuk potongan harga, poin ini juga bisa ditukar secara langsung dalam bentuk barang atau jasa yang ditawarkan oleh para penggiat fintech.

SHARE