Mengenal Manfaat File APK di Handphone Android - Male Indonesia
Mengenal Manfaat File APK di Handphone Android
MALE ID | Digital Life

Package Kit (APK) adalah format file paket yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk distribusi dan pemasangan aplikasi seluler. Sama seperti sistem Windows (PC) yang menggunakan file .exe untuk menginstal perangkat lunak, APK melakukan hal yang sama untuk perangkat Android.

Photo by Mika Baumeister on Unsplash

File APK mencakup semua kode dan aset program perangkat lunak. Pengembang yang membuat Aplikasi untuk digunakan pada perangkat Android harus mengkompilasi aplikasi mereka ke dalam format APK sebelum mengunggah ke Google Play, pasar resmi untuk aplikasi Android. 

File APK juga merupakan sebuah solusi bagi Anda yang ingin menginstall aplikasi yang tidak ada di Play Store atau mungkin tidak tersedia pada Play Store. Contohnya, pada saat permainan Pokémon Go belum masuk ke secara resmi di Indonesia, sudah banyak orang yang memainkan permainan ini. Orang-orang yang sudah bermain lebih dulu ini meng-install game tersebut melalui file APK, dan bukan melalui Google Play Store.

Anda akan menemukan beberapa manfaat untuk menginstal APK secara manual. Salah satu yang terbesar adalah mendapatkan akses ke aplikasi sebelumnya. Saat aplikasi Google utama (seperti Kalender) merilis pembaruan besar, dibutuhkan waktu seminggu atau lebih bagi perangkat Anda untuk mendapatkannya. Dengan menginstal APK, Anda dapat langsung menunggu dan memperbaruinya.

Seperti telah disebutkan di atas, pengalihan APK juga memungkinkan Anda memasang aplikasi di perangkat Anda yang tidak tersedia di Google Play. Tapi, sama seperti perangkat lunak desktop, mengunduh file APK dari situs web acak bukanlah ide yang baik. Ini terutama benar jika situs menjanjikan Anda aplikasi berbayar tanpa biaya.

Jadi APK adalah format inti yang digunakan Android untuk mendistribusikan dan menginstal aplikasi. Mereka cukup berguna untuk pengguna Android, tetapi Anda harus berhati-hati dari mana Anda mengunduhnya.

Berdasarkan pengertian APK di atas, File APK dapat dibuka pada sejumlah sistem operasi tetapi mereka akan maksimal jika digunakan terutama pada perangkat Smartphone Android. Mengutip Androidpit, berikut cara menginstal file APK di perangkat Android.

1. Buka browser.

2. Temukan file APK yang ingin diunduh, lalu instal.

3. Bisa melihatnya mengunduh di bilah atas perangkat Android.

4. Setelah diunduh, buka unduhan, ketuk file APK, dan ketuk "Yes" saat diminta.

5. Aplikasi akan mulai dipasang di perangkat Android Anda.

SHARE