Ini Tanda Atasan Anda Tidak Dapat Dipercaya - Male Indonesia
Ini Tanda Atasan Anda Tidak Dapat Dipercaya
MALE ID | Works

Loyal bekerja pada perusahaan yang Anda hormati dan percayai sangat penting untuk kebahagiaan, kesuksesan, dan kenyamanan Anda di kantor.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Namun jika Anda melihat tanda-tanda di bawah ini dan tidak bisa tangani dengan baik oleh atasan, itu pertanda kuat bahwa atasan Anda tidak dapat dipercaya. Mungkin sudah saatnya mengangkat tangan Anda lalu memikirkan pindah kerja ke tempat lain.

Menutup Diri

Pekerjaan utama atasan Anda adalah menyediakan alat, sumber daya, dan arahan kepada staf agar masing masing bertanggungjawab dalam pekerjaan.

Sebagai atasan dalam organisasi, seorang manajer bertanggung jawab untuk memberi informasi tentang kebijakan, program, perubahan rencana, atau strategi perusahaan secara keseluruhan.

Namun menjadi masalah ketika manajer menutup diri didekati karyawan. “Anda mungkin tidak bisa mempercayai atasan Anda jika mereka tidak bisa didekati. Anda merasa mereka menghindar dengan beragam pertanyaan serta kekhawatiran yang Anda alami dalam pekerjaan,” jelas psikolog Nikki Martinez PsyD, dilansir dari readersdigest.

Namun, dia mengingatkan, bagaimanapun pastikan dahulu Anda pergi menemui manajer Anda untuk bimbingan dan pemecahan masalah sebelum Anda membuat asumsi apa pun. “Anda akan dapat menyelesaikan masalah itu jika mereka dapat dipercaya,” kata Martinez.

Atasan Bergosip

Jika Anda curhat kepada rekan kerja Anda tentang orang dari tim lain yang bekerja dengan Anda, maka itu hal wajar. Namun tidaklah pantas bagi atasan Anda membicarakan tentang rekan kerja Anda kepada Anda.

“Ini adalah indikasi kuat bahwa mereka juga membicarakan tentang Anda kepada rekan kerja Anda lainnya,” Martinez menjelaskan.

Cara sederhana untuk memperbaikinya adalah Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, “Maaf, saya tidak terlalu nyaman membicarakan rekan kerja saat dia tidak ada di sini.”

Ini menjadi pesan halus bahwa Anda bukan orang yang bisa diajak bergosip seperti itu. Jika Anda beruntung, maka Anda akan membuat mereka berhenti berperilaku dan berbicara demikian.

Tidak Hargai Kerja Tim

Apa yang membuat atasan menjadi pemimpin yang dihargai? Ketika karyawannya berhasil, dia akan meningkatkan kepercayaannya kepada semua orang yang bekerja atas keberhasilan itu.

Namun, atasan yang tidak bisa dipercaya, dia hanya menghargai pekerjaan seseorang. “Saat bos hanya menghargai pekerjaan Anda, yang semestinya itu pekerjaan satu tim, ini akan menumbuhkan kebencian dan ketidakpercayaan,” kata Martinez.

Karena itu, Anda harus mengklarifikasinya dengan memberi tahu atasan, bahwa sebagai tim penting bagi semuanya untuk diakui atas keberhasilan.

Begitu pula jika atasan menempatkan kesuksesan timnya di atas keuntungan pribadi sendiri, itu juga menciptakan lingkungan kerja tidak sehat. Karyawan akan selalu cemas dan menderita. Biasanya, mereka akan menyelamatkan diri sendiri terlebih dahulu ketika keadaan menjadi sulit.

Khawatir Tergeser

Pepatah kuno mengatakan “pemimpin hebat akan membawa Anda sampai berhasil”. Mereka tidak pernah ragu bahwa Anda ada untuk mereka dan mereka akan membantu Anda terus berkembang.

Namun berhati-hatilah dengan atasan yang terlalu khawatir jika ada karyawan yang ingin mencapai karir seperti atasannya. Seorang atasan dengan harga diri yang rendah akan menyerang siapa saja yang dianggapnya sebagai ancaman.

Dia merasa tidak aman dan kompetensinya terancam jika loyalitas Anda benar-benar baik, atau Anda mau berkorban bekerja melampaui batas dari tugas Anda semestinya. Atasan seperti ini takut karirnya tergeser.

SHARE