Cashless Tak Mengurangi Pelanggan Pakai Uang Tunai - Male Indonesia
Cashless Tak Mengurangi Pelanggan Pakai Uang Tunai
MALE ID | Works

Teknologi cashless berfungsi untuk meningkatkan aktivitas cashless (non-tunai) dan cash (tunai), terutama untuk mesin yang melakukan penjualan dengan volume lebih rendah. Jika Anda khawatir kehilangan pelanggan yang masih menggunakan uang tunai dengan memperkenalkan cashless, pikirkan lagi. 

Photo by rupixen.com on Unsplash

Studi terbaru dalam laman Mobilepaymentstoday, menemukan bahwa penerimaan cashless tidak hanya tidak mengkanibal pelanggan tunai, tetapi sebenarnya meningkatkannya. Selain itu, teknologi cashless mendorong pertumbuhan penjualan terbaik.

Studi yang dilakukan oleh USA Technologies dalam kemitraan dengan Michigan State University (MSU) dan dipresentasikan selama acara National Automatic Merchandising Association di Las Vegas itu, menunjukkan bahwa dampak teknologi cashless pada pengeluaran tunai dapat mempercepat pengenalan pembaca cashless di mesin penjual otomatis.

Studi MSU mengukur kinerja di 250.000 mesin selama periode 18 bulan setelah penerapan cashless dan menemukan penjualan cashless meningkat 131% pada mesin berkinerja rendah dibandingkan dengan 78% dari semua mesin yang dipelajari. Penjualan tunai meningkat rata-rata 97% pada mesin-mesin berkinerja rendah selama periode tersebut, dibandingkan dengan 17% untuk semua mesin.

Mesin yang menghasilkan kurang dari $2.000 setahun dalam penjualan memiliki pertumbuhan penjualan teratas rata-rata 110% bila dilengkapi cashless dibandingkan dengan peningkatan rata-rata 35% pada total populasi mesin yang dilengkapi dengan teknologi cashless.

Jumlah transaksi juga meningkat selain volume penjualan. Total transaksi meningkat 26%, serta 74% untuk pembelian kartu kredit dan 13% untuk pembelian tunai. "Ini (cashless) masuk akal untuk dilakukan pada setiap mesin yang Anda bisa," kata Jim Turner, wakil presiden layanan penerapan cashless di USA Technologies. "Uang tunai terus tumbuh seiring dengan kredit yang terus tumbuh." 

"Studi sebelumnya mengungkapkan bahwa konsumen kerah biru, yang pada awalnya cenderung tidak membayar dengan kartu kredit, sekarang lebih sering menggunakannya," tambah Turner.

Dalam melihat penetrasi teknologi cashless untuk berbagai jenis lokasi, Turner mengatakan 90% mesin di perguruan tinggi dan universitas sekarang memiliki mesin pembaca cashless .

Pembayaran seluler menyumbang 5% hingga 7% dari pembayaran, tetapi terus berkembang. "Ini lebih dari satu miliar dolar peluang untuk industri," kata Turner.

SHARE