5 Tren Teknologi Teratas Sepanjang Tahun 2020 - Male Indonesia
5 Tren Teknologi Teratas Sepanjang Tahun 2020
MALE ID | Digital Life

Teknologi terus-menerus berkembang sangat cepat tanpa bisa diprediksi. Teknologi atau bahasa pemrograman yang beredar minggu ini mungkin akan usang beberapa hari ke depan. Ilmuwan dan profesional komputer terus mengubah dan meningkatkan teknologi yang ada untuk mendapatkan hasil maksimal.

Photo by stephan sorkin on Unsplash

Mempelajari dan meningkatkan keterampilan Anda sangat penting di era teknologi ini. Sehingga bisa membantu Anda mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tertinggi di bidang pilihan Anda. 

Dan jika Anda sudah menjadi profesional, mempelajari teknologi dan alat baru akan membawa Anda satu inci lebih dekat ke promosi yang selalu Anda impikan. Maka dari itu, mengutip laman Upgrad, berikut adalah beberapa teknologi trending selama tahun 2020. 

Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI) adalah teknologi yang digunakan untuk melengkapi sistem komputer dengan kemampuan membuat keputusan seperti manusia. Menjadi salah satu teknologi yang sedang tren, ketika program AI dimasukkan ke sistem, tujuannya adalah untuk meniru kecerdasan manusia untuk melakukan tugas-tugas kompleks seperti pengenalan pola, pengenalan ucapan, ramalan cuaca, dan diagnosis medis.

AI digunakan dalam aplikasi berbasis navigasi seperti Ojol, asisten suara seperti Siri, layanan streaming video seperti Netflix, perangkat IoT, dan di mesin pencari seperti Google dan Bing. AI membantu dalam mengotomatiskan tugas-tugas seperti lalu lintas, menjadwalkan kereta, membuat prediksi bisnis, dan merancang mobil tanpa pengemudi.

Pada tahun 2030, otomatisasi AI diharapkan dapat menciptakan lebih dari 70 juta pekerjaan. Fakta yang menyedihkan adalah bahwa AI dapat menghapus lebih dari 23 juta pekerjaan dalam jangka waktu yang sama. AI akan menciptakan pekerjaan di berbagai bidang seperti pengujian, dukungan, pemeliharaan, pemrograman, dan ilmu data. Pengembang perangkat lunak yang mengetahui AI menghasilkan lebih banyak daripada pengembang yang tidak.

Ilmu Data (Data Science)
Selanjutnya dalam daftar konsep teknologi terbaru tidak mengherankan Data Science. Ilmu Data adalah teknologi yang membantu memahami data yang rumit. Anda tahu bahwa data diproduksi dalam jumlah yang sangat besar setiap hari oleh perusahaan. Ini termasuk data bisnis, data penjualan, informasi profil pelanggan, data server, dan angka keuangan.

Sebagian besar data ini dalam bentuk kumpulan data besar yang tidak terstruktur. Peran ilmuwan data untuk mengkonversi set data tidak terstruktur ke dalam dataset terstruktur. Kemudian, kumpulan data ini dapat dianalisis untuk mengidentifikasi pola dan tren. Pola ini berguna untuk memahami kinerja bisnis perusahaan, retensi pelanggan, dan bagaimana area ini dapat ditingkatkan.

Internet of Things
IoT (Internet of Things) adalah jaringan perangkat yang terhubung satu sama lain. Perangkat mereka dapat berinteraksi dan berbagi data satu sama lain. Perangkat ini mungkin terhubung melalui WiFi, dan mereka berbagi data tentang lingkungan mereka dan bagaimana mereka digunakan. Perangkat ini memiliki chip komputer yang memfasilitasi pertukaran ini.

Diperkirakan lebih dari 41 miliar perangkat yang didukung oleh IoT akan digunakan pada tahun 2025 . IoT tidak hanya memungkinkan koneksi antar perangkat yang berbeda tetapi juga akses jarak jauh mereka. Misalnya, Anda mengunci pintu mobil dari jarak jauh, panaskan oven dan geyser Anda. 

FitBit yang Anda gunakan untuk melacak jumlah kalori yang Anda bakar juga menggunakan teknologi IoT. Chip IoT yang disematkan pada mesin membantu bisnis untuk menilai kinerja mesin tersebut dan membantu dalam pemeliharaannya.

Blockchain
Blockchain adalah teknologi dasar yang memberdayakan mata uang elektronik seperti Cryptocurrency. Secara sederhana, Blockchain adalah buku besar elektronik yang dapat dibagikan di antara pengguna yang berbeda. Ini membantu dalam membuat catatan transaksi yang tidak dapat diubah. Masing-masing catatan ini diberi cap waktu dan ditautkan ke yang sebelumnya.

Jadi setiap kali transaksi baru ditambahkan ke buku besar, itu disimpan sebagai blok lain dalam rantai transaksi, karena itulah namanya Blockchain. Blockchain diperbarui setelah berbagai pihak yang berkontribusi pada buku besar setuju. Setelah data baru dimasukkan ke dalam blok, itu tidak dapat dihapus. Ini membuat teknologi dapat diverifikasi dan aman.

Virtual Reality (VR)
VR adalah teknologi yang dengannya Anda dapat membenamkan diri dalam lingkungan yang tampak sangat realistis. Ini adalah penggunaan teknologi komputer untuk menciptakan lingkungan simulasi. Ini sangat populer digunakan untuk bermain game komputer. Tidak seperti game tradisional di mana Anda mengalami lingkungan game dengan melihatnya di layar, Anda langsung ditempatkan di lingkungan tersebut.

Indra seperti sentuhan, pendengaran, penciuman, dan penglihatan disimulasikan dalam lingkungan ini. Menggunakan perlengkapan VR seperti headset, Anda dapat berjalan-jalan dan memainkan game di dunia 3D tersebut. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang digunakan untuk meningkatkan lingkungan virtual ini.

SHARE