Tips Berkemah Aman di Musim Hujan - Male Indonesia
Tips Berkemah Aman di Musim Hujan
MALE ID | Relax

Berkemah di saat musim hujan bukanlah pengalaman menyedihkan jika Anda siap menghadapinya dengan segala hal yang diperlukan.

Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Ingat, jangan berharap berkemah saat hujan semudah berkemah kala hari cerah. Begitu hujan tiba atau cuaca buruk, Anda harus bisa membuat diri tetap merasa nyaman di dalam tenda dengan kondisi apa adanya.

Jadi, Anda perlu melakukan pesiapan matang dan perlengkapan yang tepat agar berkemah di musim hujan menjadi momen indah di dalam hutan atau di pegunungan. Berikut ini tips yang bisa membuat Anda tetap aman dan nyaman saat berkemah di tengah hujan, serta beberapa perlengkapan penting yang Anda perlukan, dikutip dari menshealth.

Pantau Cuaca

Pantau cuaca menjelang perjalanan berkemah. Terus periksa laporan cuaca yang kemungkinan akan terjadi di lokasi perkemahan Anda, misalnya apakah berpotensi banjir bandang dan badai petir.

Jangan sepelekan hujan lebat dan badai, karena ini bukan peristiwa lucu. Bahkan dalam suhu di atas titik beku di pegunungan, jika tubuh basah kuyup bisa menyebabkan hipotermia (keadaan suhu tubuh yang turun hingga di bawah 35 derajat Celsius) yang mematikan.

Perlengkapan Tahan Air

Persiapkan hal penting, yakni sepatu bot tahan air, celana panjang dan pakaian pelindung hujan. Ponco sederhana dan selimut (sleeping bag berbahan polyester) bagus untuk dibawa, begitu juga topi tahan air dan kaus kaki wol.

Sebagai alas tidur gunakan matras yang mudah dibawa serta tahan air. Juga pastikan Anda mengemas pakaian dalam dan kaus kaki ekstra. Jangan lupa tali jemuran untuk mengeringkan perlengkapan yang nantinya basah kuyup.

Bawalah alat permainan untuk menghindari rasa bosan di dalam tenda ketika hujan.Jika Anda lupa membawa kartu tahan air, maka Anda orang ceroboh. Jika Anda membawa catur magnet, atau cukup menyimpan beberapa game offline di smartphone, maka kejenuhan Anda bakal terobati

Tenda yang Kokoh

Tenda yang baik harus membuat Anda tetap hangat dan kering berada di dalamnya. Jika tenda telah lama tidak digunakan, periksa kembali kondisinya terutama pada jahitannya.

Tenda parasut berbahan polyster tahan air dan memiliki flysheet bisa diandalkan saat kemah musim hujan. Perhatikan juga tenda memiliki pasak dan frame yang kokoh agar mampu bertahan dari serbuan hujan dan angin.

Sesuaikan tenda dengan kapasitas orangnya. Membawa tenda agak lebih besar dari jumlah orang yang kemah bersama Anda, itu lebih baik agar tidak terlalu sempit dan pengap saat berada di dalam bersama barang barang.  

Di lokasi kemah, pasang tenda di tempat yang tinggi agar ketika hujan kemah Anda tidak digenangi air.

Jangan Harap Api Unggun

Berkemah di musim hujan dan saat cuaca dingin, tentu selalu membuat perut lapar. Namun bukanlah waktu yang ideal untuk memasak resep makanan yang rumit.

Musim hujan jangan dulu Anda berharap bisa menikmati suasana api unggun di malam hari dan meletakkan tungku memasak makanan di atasnya. Kecuali jika cuaca sedang cerah.

Sebagai antisipasi, sebelum berangkat berkemah bawalah makanan yang telah dimasak dan bisa tahan untuk beberapa hari. Sertakan juga beberapa makanan ringan (snack) yang mampu mengenyangkan.

Membawa makanan kering beku juga ide yang tepat. Cukup tambahkan sedikit air untuk bisa disantap. Musim hujan air ada di mana-mana, jadi Anda bisa menyajikan makanan tersebut dalam waktu singkat.

SHARE