Liburan ke Taman Komodo dengan Semi Backpacker - Male Indonesia
Liburan ke Taman Komodo dengan Semi Backpacker
MALE ID | Relax

Terletak di area Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo adalah sebuah destinasi yang sejak beberapa tahun terakhir menjadi incaran turis domestik dan mancanegara karena keindahan alamnya serta keberadaan binatang purba komodo.

Photo: Dewicilay/Wikipedia

Kawasan Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991, sebagai Simbol Nasional oleh Presiden RI pada tahun 1992, dan sebagai Kawasan Perlindungan Laut di tahun 2000 dan juga sebagai salah satu Taman Nasional Model di Indonesia pada tahun 2006. 

Perlu diketahui juga, selain komodo terdapat 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia. Selain itu juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Maka tidak heran kawasan ini menjadi destinasi favorit. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini cara liburan ke taman nasional komodo dengan cara semi backpacker.

 
 

Pilih Maskapai yang Tepat
Di masa transisi new normal, banyak maskapai penerbangan yang menawarkan beragam promo menarik dengan rute tertentu, termasuk Labuan Bajo. Namun, Anda harus benar-benar teliti sebelum menjatuhkan pilihan.

Pasalnya, banyak maskapai yang menawarkan harga tiket murah, tetapi tidak termasuk biaya rapid test dan pesawat akan transit selama kurang lebih 4 jam. Bila beruntung, Anda bisa mendapatkan tiket penerbangan langsung (direct flight) Jakarta-Labuan Bajo senilai Rp1 juta plus rapid test gratis. Dengan demikian, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi spot-spot wisata di Labuan Bajo.

Akomodasi
Untuk akomodasi seperti penginapan, sebetulnya kembali lagi kepada preferensi masing-masing. Bila Anda ingin beristirahat dengan aman dan nyaman, lebih baik keluarkan budget berlebih untuk menginap di hotal.

Selain itu, umumnya, pengunjung menggunakan kapal yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki semacam kamar yang dapat digunakan untuk tidur. Ini lah yang disebut “live on board” (LoB). Biaya sewa kapal sekaligus penginapan bervariasi, tergantung besarnya kapal dan durasi menginap.

Sewa Motor
Kalau mau hemat, Anda juga harus menyiapkan mental untuk panas-panasan di atas motor. Tapi percayalah, mengelilingi Labuan Bajo dengan sepeda motor, justru akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak akan Anda lupakan.

Jalanan di Labuan Bajo terbilang bagus dan mulus, meski saat ini tengah dilakukan pembangunan trotoar. Selain itu, Anda juga lebih fleksibel bila sewaktu-waktu ingin mengabadikan foto di pinggir jalan. Pasalnya, pemandangan di sepanjang perjalanan begitu memikat.

Anda bisa menikmati gugusan bukit-bukit yang sudah menguning dengan hamparan langit biru yang cerah, serta suara deburan ombak yang terdengar merdu. Pokoknya, dijamin ketagihan deh naik motor di Labuan Bajo.

Makan dan Minum
Percaya atau tidak, sebagian besar pengeluaran saat traveling sebetulnya untuk biaya makan dan minum. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar menyiasatinya. Kalau perlu bawalah bekal lauk dari rumah untuk berhemat. Anda bisa bawa rendang atau abon yang awet dan memiliki masa kadaluarsa lama.

Kalau tidak mau repot, tips menyiasatinya adalah memilih rumah makan yang murah meriah tapi mengenyangkan. Jawabannya apalagi kalau bukan rumah makan padang. Percaya atau tidak, di Labuan Bajo Anda akan menemui banyak rumah makan padang, karena sebagian besar pendatang di tempat ini berasal dari Tanah Minang.

SHARE