3 Kunci Promosi Diri yang Efektif untuk Karir Anda - Male Indonesia
3 Kunci Promosi Diri yang Efektif untuk Karir Anda
MALE ID | Works

Promosi diri adalah alat yang diperlukan untuk membantu para profesional naik ke tahap berikutnya dalam karir mereka, terutama jika mereka tidak dikenali dengan baik oleh rekan-rekan mereka. Namun, ada garis tipis antara mempromosikan diri dan membual. Anda dapat membagikan kesuksesan dan atribusi Anda tanpa dianggap sebagai pembual.

Photo by bruce mars on Unsplash

Mempromosikan diri sendiri bisa menjadi hal yang canggung untuk dilakukan, tetapi penting untuk mengambil langkah selanjutnya dalam karier Anda. Mengtuip laman Businessnewsdaily, kiat berikut akan membantu Anda mempromosikan diri Anda dengan cara yang efektif.

1. Memuji Rekan Kerja
Alison Fragale, profesor perilaku organisasi di University of North Carolina di Chapel Hill mengatakan, bahwa promosi diri dapat meninggalkan rasa pahit di mulut orang. Seorang pekerja yang terlalu percaya diri sering kali tidak disukai oleh rekan-rekannya.

Anda menginginkan dukungan kolega Anda, dan Anda ingin membangun budaya tempat kerja yang positif. Jangan meracuni udara dengan kesombongan. Sebaliknya, sebutkan pencapaian Anda secara halus tanpa memonopoli perhatian kolega Anda atau meremehkan pekerjaan mereka.

"Dalam pertemuan tim mingguan, Anda bisa membahas kemenangan minggu ini, yang mungkin termasuk menyoroti rekan satu tim lain sambil tetap menunjukkan prestasi Anda sendiri," kata Fioravante-Cuomo.

Memuji rekan kerja sebagai bagian dari kesuksesan Anda juga akan menunjukkan bahwa Anda adalah pemain tim, yang penting bagi manajer mana pun.

2. Menyusun Daftar Kemenangan
Tinjauan kinerja tidak harus menjadi percakapan satu arah. Khusus untuk karyawan yang pemalu atau introvert, ini dapat digunakan sebagai kesempatan yang lebih pribadi untuk menonjolkan aset Anda.

Fioravante-Cuomo menyarankan untuk menyusun daftar kemenangan Anda dan mengucapkan apa yang ingin Anda katakan. Anda mungkin merasa tidak nyaman pada awalnya, tetapi semakin Anda berlatih mempromosikan keterampilan dan pencapaian Anda, semakin alami hal itu akan terjadi, dan Anda akan semakin percaya diri.

"Dalam dunia profesional, penting bagi kita untuk melangkah ke skenario yang membawa kita keluar dari zona nyaman kita untuk mencapai pertumbuhan pribadi dan profesional," kata Fioravante-Cuomo.

3. Jangan Menjual Diri ke Sembarang Orang
Jangan mencoba menjual diri Anda kepada sembarang orang, terutama kepada rekan kerja atau pesaing. Penelitian Fragale menemukan, bahwa yang terbaik adalah membual kepada atasan yang sibuk, karena mereka kemungkinan besar akan mengulangi apa yang Anda katakan tanpa menyadari bahwa Andalah yang mengatakannya, seperti validasi pihak ketiga. 

Anda akan mendapatkan pujian dan pujian atas pekerjaan Anda tanpa dicap sebagai pamer. Jika Anda memberi tahu manajer Anda betapa hebatnya Anda, mereka juga akan cenderung memikirkan Anda saat tiba waktunya untuk promosi. 

"Meskipun Anda mungkin tidak berpikir demikian, atasan Anda selalu mencari rekan berikutnya yang siap dipromosikan," kata Fioravante-Cuomo. 

Bicaralah dengan atasan Anda tentang keterampilan dan keahlian yang Anda kontribusikan untuk memenuhi tujuan bisnis perusahaan. Dengan menangani potensi Anda, Anda memposisikan diri Anda sebagai pemecah masalah yang cerdas yang siap untuk menangani tugas berikutnya. 

"Dengan etos kerja yang kuat, sebuah sikap optimis yang bisa melakukan dan sedikit promosi diri, Anda akan menuju kenaikan berikutnya," tambah Fioravante-Cuomo.

SHARE