Peran Penting Caregiver Bagi Penderita Diabetes - Male Indonesia
Peran Penting Caregiver Bagi Penderita Diabetes
MALE ID | Sex & Health

Diabetes masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia, termasuk di Indonesia. Faktanya Indonesia masih masuk dalam 10 besar negara di dunia dengan kasus diabetes terbesar, tepatnya di peringkat ke-7 di tahun 2019.

Image by Myriams-Fotos from Pixabay

Menurut International Diabetes Federation (IDF) Diabetes Atlas, Indonesia memiliki jumlah 10.681.400 jiwa penderita diabetes (diabetesi) dari 172.244.700 jiwa total populasi orang dewasa di Indonesia. Artinya, sekitar 1 dari 25 orang Indonesia terdeteksi menderita diabetes. 

Adapun berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka prevalensi diabetes di Indonesia di angka 10.9% yang diprediksi akan terus meningkat. Menjelang peringatan World Diabetes Day (WDD) pada 14 November 2020, selain angka prevalensi yang terus meningkat, kondisi pandemi juga menjadi ancaman baru bagi para penderita diabetes. 

Mengutip dari keterangan tertulis Diabetasol yang diterima MALE Indonesia, orang lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, dan asma lebih rentan mengalami risiko komplikasi bila terinfeksi virus COVID-19. Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, orang yang terpapar virus COVID-19 dengan kondisi penyerta penyakit diabetes, menduduki peringkat kedua terbanyak. 

Ketika diabetesi terkena infeksi virus, mereka akan lebih sulit diobati sebagai akibat dari fluktuasi level gula darahnya dan kemungkinan hadirnya komplikasi diabetes. Alasan mengapa ini terjadi, karena jika gula darah diabetesi tidak stabil, akan mengakibatkan imunitas tubuh menjadi lemah dan mudah terpapar virus. 

"Berdasarkan data, penderita diabetes dengan COVID-19 cenderung kondisinya lebih berat dan bahkan berdampak fatal. Karena itu, jika diabetes dapat dicegah, angka kematian akibat COVID-19 mungkin bisa jauh lebih rendah," ucap Director of Special Needs & Healthy Lifestyle Nutrition KALBE Nutritionals Tunghadi Indra. 

Tunghadi Indra juga menjelaskan, melihat angka prevalensi diabetes di dunia dan khususnya di Indonesia yang masih meninggi, menunjukkan sebenarnya masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan secara bersama-sama, terutama dalam hal kesadaran masyarakat tentang diabetes. 

"Terutama kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan penderita diabetes harus lebih waspada dan berhati-hati untuk menjaga gula darahnya,” ungkap Tunghadi Indra. 

Peranan dan Dukungan Para Caregiver
Kesadaran masyarakat memang perlu dilakukan secara terus menerus terutama jika melihat data dari IDF yang mencatat ada 463 juta orang dewasa menderita diabetes dan lebih dari setengah penderita diabetes tersebut adalah orang dewasa yang tidak terdiagnosis. Adapun dari setengah kasus yang tidak terdiagnosis tersebut, sebesar 90% menderita diabetes tipe 2 atau diabetes melitus yang diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat. 

Tunghadi juga menambahkan perlunya dibentuk komunitas masyarakat yang sadar diabetes, sehingga semakin banyak orang yang mampu menjadi caregiver diabetes. Adapun caregiver adalah setiap orang yang bisa menjadi sistem pendukung (support system) bagi penderita diabetes, contoh sederhananya saja adalah keluarga dekat. 

Caregiver diharapkan memahami penyebab penyakit diabetes, gejala diabetes, jenis-jenis penyakit diabetes, cara mencegah diabetes, pemicu gula darah naik, cara menormalkan gula darah, bahkan cara mengobati diabetes.  

Diabetes merupakan penyakit seumur hidup dan tidak ada cara menyembuhkan diabetes, oleh karena itu upaya pengawasan dan pemantauan secara intensif bagi diabetesi menjadi penting. Upaya tersebut tentunya tidak dapat sepenuhnya diserahkan kepada dokter atau tenaga medis saja. 

Dalam hal ini, peran caregiver sangat diperlukan, khususnya dalam melakukan manajemen diabetes untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil. Contoh tindakan paling umum yang bisa dilakukan caregiver antara lain mengatur pola makan untuk penderita diabetes, menyusun resep menu diabetes, dan memotivasi serta memastikan diabetesi patuh dalam mengonsumsi makanan untuk orang diabetes. 

Caregiver berperan penting dalam menangani anggota keluarganya yang menderita diabetes. Keluarga sangat berperan dalam memastikan asupan nutrisi untuk diabetes yang tepat, pemeriksaan kesehatan ke dokter, aktivitas fisik, dan cara mengobati diabetes. 

Caregiver sendiri perlu menyadari betapa pentingnya kepatuhan dalam menjaga gula darah stabil yang harus dilakukan seumur hidup, terutama untuk mencegah komplikasi lebih lanjut yang bisa berujung pada kematian.

SHARE