Bangkitkan Pariwisata Indonesia Melalui API 2020 - Male Indonesia
Bangkitkan Pariwisata Indonesia Melalui API 2020
MALE ID | Whats Up

Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API 2020) telah memasuki tahun kelima sejak dimulai pada tahun 2016. Menginjak usia pelaksanaan tahun yang kelima ini pula telah banyak destinasi wisata yang masuk menjadi nominasi dan dipromosikan melalui kegiatan ini.

Photo by Azis Pradana on Unsplash

Hiro Kristianto, Ketua Panitia API 2020 mengatakan, bahwa hingga saat ini penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia telah membawa dampak positif yang baik terhadap pengembangan Pariwisata Indonesia. Mulai dari promosi yang membuat destinasi wisata semakin dikenal oleh masyarakat luas, hingga semakin aktifnya masyarakat, pemerintah daerah dan stake holder lainnya dalam membangun dan mempromosikan pariwisata kebanggaannya.

"Untuk pelaksanaan API 2020 sendiri, sejauh ini berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan lancar masuk ke bulan ke-4, dengan jumlah total suara yang masuk sudah sebanyak 299.692 suara melalui 3 saluran yaitu SMS, e-poster (Instagram) dan video pariwisata (Youtube)," tutur Hiro Kristianto. 

Dari data yang ada, lanjut Hiro, cukup banyak terjadi perubahan posisi pada klasemen perolehan suara, hal ini tentunya karena banyak pemerintah daerah yang tambah gencar dalam melakukan kampanye dan promosi agar nominasi nya mendapat semakin banyak dukungan dari masyarakat. 

"Sejauh ini pula kampanye dan promosi pariwisata masih terus dilakukan dengan berbagai kegiatan kreatif, mulai dari lomba foto hingga sosialisasi langsung dalam berbagai kegiatan. Panitya Penyelenggara sendiri juga terus melakukan inovasi dalam membantu para nominasi berpromosi," jelas Hiro.

Lebih lanjut, Hiro menuturkan, mulai dari mengajak Duta Promosi API 2020 untuk aktif membantu promosi nominasi, hingga penyelenggaraan API Travel Talk sebagai wadah bincang-bincang ringan untuk membahas nominasi dan pariwisata daerah secara umum.

"Dalam kesempatan ini Panitya Penyelenggara kembali mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah turut serta dan terlibat dalam kegiatan API 2020 atas peran serta dan kerjasamanya," ucap Hiro.

"Kiranya semua yang kita lakukan bersama ini akan membawa dampak positif bagi kebangkitan Pariwisata Indonesia. Maju terus Pariwisata Indonesia, bangkit dan bersinar kembali untuk menjadi referensi pariwisata dunia," tambah Hiro.

SHARE