Sederet Musisi Dunia yang Tersandung Plagiat - Male Indonesia
Sederet Musisi Dunia yang Tersandung Plagiat
MALE ID | News

Isu menjiplak karya di dunia musik sering terjadi, tidak hanya menimpa musisi Indonesia saja, tapi juga musisi dunia. Tentu sebagai musisi atau penyanyi harus bisa menciptakan lagu serta mengaransemen musik agar penggemar terus dapat menikmati karya-karya sang musisi tersebut. 

Photo: Tm/Wikipedia

Apa jadinya jika para penyanyi tersebut mendapatkan tuduhan terkait penjiplakan lagu dari musisi lainnya. Akibat dari tuduhan tersebut membuat sederet musisi papan atas dunia ini harus menanggung kerugian yang tidak sedikit jumlahnya. Selain itu, kekecawan datang dari para penggemar mereka.

Ed Sheeran


Lagu 'Thingking Out Loud' menjadi salah satu single terbaik Grammy Award pada 2016. Namun, tak berapa lama penyanyi berdarah Inggris tersebut dituntut oleh keluarga Ed Townsend atas tuduhan menjiplak lagu 'Let's get It On' dari Marvin Gaye.

Keluarga Ed Townsend meminta hakim untuk mengabulkan tuntutan tersebut dengan menahan keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari lagu tersebut. Selain itu mereka juga meminta ganti rugi terhadap tindakan plagiarizme tersebut.

Coldplay


Grup musik ternama asal Inggris yang telah terbentuk dari tahun 1996 ini tidak terlepas dari tuduhan plagiarisme. Pasalnya lagu 'Viva La Vida' dianggap meniru lagu "If I Could Fly' milik Joe Satriani. Namun, pencipta sekaligus vokalis band rock tersebut, Chris Martin tidak mengambil pusing atas tuduhan tersebut.

Beyonce


Pelantun 'Love on Top' ini dituntut oleh musisi bernama Ahmad Lane terkait masalah plagiat lagu. Menurut Lane, lagu XO milik Beyonce memiliki pola ritme serta pitch yang mirip. Tak tanggung-tanggung, istri dari Jay Z ini dituntut hingga 7 juta dolar AS atau sekitar Rp 93 miliar. Namun, pihak dari penyanyi yang telah memenangkan banyak penghargaan dari Grammy Award itu menglarifikasi bahwa tidak ada kemiripan selain X dan O pada judulnya.

Taylor Swift


Penyanyi cantik terkaya di Hollywood ini rupanya harus berurusan dengan meja hijau terkait masalah hak cipta. Pasalnya lagu 'Shake it Off' miliknya dituding mencontek lagu 'Play as Gone Play' dari grup musik 3LW. Namun, pihak dari Taylor Swift memberikan pernyataan bahwa tuduhan tersebut tidak beralasan bahkan mereka dianggap hanya mencari keuntungan belaka.

Miley Cyrus


Michael May atau Flourgon mengajukan gugatan senilai 300 juta dolar AS atau setara Rp 4,1 triliun kepada Miley Cyrus atas tuduhan plagiarism. Lagu milik penyanyi berusia 25 tahun bertajuk 'We Can't Stop' pada 2013 sangat mirip dengan lagu milik Flourgoun yang bertajuk 'We Run Things'. Namun, pihak dari Miley belum menanggapi gugatan tersebut.

SHARE