Tanda Umum Anda Punya Masalah Kepercayaan - Male Indonesia
Tanda Umum Anda Punya Masalah Kepercayaan
MALE ID | Relationships

Masalah kepercayaan berkembang sebagai hasil dari pengalaman Anda di masa lalu atau sekarang. Masa kecil adalah kunci utama memainkan peran yang sangat besar dalam cara Anda mendekati hubungan saat ini. 

Photo by Meysam Jarahkar on Unsplash

Menurut psikolog berlisensi Nicole Beurkens, Ph.D. jika seseorang mengalami pengkhianatan, pengabaian, atau bahaya ketika mereka masih muda, ini dapat menyebabkan masalah kepercayaan sebagai orang dewasa.

Beurkens menambahkan bahwa masalah kepercayaan juga dapat berkembang sebagai akibat dari dikhianati atau disakiti dalam hubungan sebagai orang dewasa, termasuk teman, anggota keluarga, dan/atau pasangan romantis. Nah, untuk itu, apabila Anda memiliki ciri-ciri berikut, bisa dikatakan Anda memiliki masalah kepercayaan.

Menghindari Komitmen
Seperti mengutip laman Mindbodygreen, orang dengan masalah kepercayaan akan sering mengalami kesulitan dengan komitmen. Ini berasal dari ketakutan untuk terbuka dan terlihat, kata terapis pasangan Michael Moran, LCSW, CST, karena ketika Anda mengalami masalah kepercayaan, kemungkinan hubungan saling percaya dan memuaskan tampaknya tidak mungkin.

Mengisolasi Diri dari Orang Lain
Sebagai hasil dari asumsi dan fobia komitmen, banyak orang dengan masalah kepercayaan akan menarik diri sekecil apapun tanda adanya masalah, kata Moran. Begitu Anda berpikir bahwa Anda tidak dapat mempercayai orang lain, hal itu membuat membina hubungan baru kurang menjadi prioritas, dan mungkin sesuatu yang harus dihindari secara aktif sama sekali.

Terlalu Merahasiakan Diri Sendiri
Saat Anda berinteraksi dengan orang lain, bahkan dengan orang yang dekat dengan Anda, Anda mungkin terlalu merahasiakan diri sendiri. "Bagian bawah dari ini sering kali adalah 'Aku takut aku tidak bisa menjadi diriku sendiri bersamamu. Aku takut kamu tidak akan menerima aku apa adanya. Atau aku takut kamu tidak akan membiarkanku masuk,'" Kata Moran.

Merasa Terlalu Protektif
Masalah kepercayaan dapat menyebabkan Anda merasa terlalu protektif dan sangat waspada, catat Beurkens, baik terhadap diri sendiri maupun orang yang dekat dengan Anda. Anda mungkin selalu berada dalam posisi bertahan dan membayangkan skenario terburuk dalam hubungan Anda, atau mengalami pemikiran bencana jika Anda merasa seseorang mencoba menipu Anda.

Kepercayaan adalah faktor besar yang mendasari setiap hubungan, romantis atau tidak. Ketika Anda tidak bisa mempercayai orang-orang terdekat Anda, itu bisa terasa sangat terisolasi dan kesepian. Tapi itu mungkin untuk mengatasi masalah kepercayaan sehingga hubungan Anda dengan orang yang Anda cintai bisa berkembang.

SHARE