Trik Pengereman Bermotor di Saat Musim Hujan - Male Indonesia
Trik Pengereman Bermotor di Saat Musim Hujan
MALE ID | Sport & Hobby

Pengendara sepeda motor harus lebih memperhatikan kondisi jalan yang licin saat berkendara di musim hujan. Kondisi seperti itu dapat menyebabkan kecelakaan akibat tergelincir saat mengerem. maka dari itu teknik pengereman saat musim hujan sangat penting.

Photo by cottonbro from Pexels

Saat pengendera motor melakukan teknik pengereman yang salah ketika musim hujan, tentu membahayakan diri sendiri dan orang lain di belakangnya. Untuk itu, mengutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah trik pengereman yang baik saat berkendera motor di musim hujan.

Menutup Putaran Gas
Penting untuk Anda menutup lebih dulu putaran gas sebelum menekan tuas rem. Dengan begitu, tenaga motor dapat berkurang. Laju motor pun ikut terkoreksi lantaran ada efek deselerasi.

Gunakan Rem Depan
Dengan menggunakan keempat jari kanan untuk melakukan pengereman ban depan, Anda bisa lebih maksimal dalam menghentikan laju kendaraan. Terlebih ketika melewati jalanan yang licin, jika rem motor tidak bekerja secara maksimal risiko seperti terpeleset bisa terjadi pada Anda. Maka dari itu, teknik pengereman yang satu ini perlu Anda ketahui agar terhindar dari risiko buruk tersebut.

Lakukan penarikan handle rem secara perlahan-lahan, jangan disentak secara bersamaan. Setelah hampir mendekati objek yang dihindari, pengereman bisa ditarik lebih kuat.Untuk memperlambat laju kendaraan di jalanan lurus, kombinasikan sistem pengereman depan dan belakang dengan perbandingan 60:40 atau 70:30. Pemakaian rem depan yang lebih besar memungkinkan gerakan sepeda motor tidak oleng. 

Hindari Menggunakan Rem Belakang
Penggunaan rem belakang pada saat cuaca tengah hujan justru akan membahayakan keselamatan Anda. Ini dikarenakan risiko terjadinya sliding jauh lebih besar. Akibatnya, saat melewati tikungan, Anda bisa saja jatuh dan tergelincir.

Pegang Stang Motor dengan Kuat
Saat berkendara motor di tengah hujan, Anda juga harus memegang stang kendaraan dengan kuat. Hal ini untuk mengantisipasi misal ban motor Anda mengalami selip di tengah jalan, sehingga Anda pun masih bisa refleks dan menopang motor tersebut dengan kaki dan tubuh Anda.

Dari keempat trik diatas, Anda juga perlu mempersiapkan hal lain, yakni memastikan terlebih dulu kondisi fisik prima sebelum berkendara. Kemudian, bawalah jas hujan khusus (bukan model ponco) demi keselamatan.

SHARE