Faktor yang Mempengaruhi Durasi Hubungan Seks - Male Indonesia
Faktor yang Mempengaruhi Durasi Hubungan Seks
MALE ID | Sex & Health

Apakah Anda masih gusar dengan durasi hubungan seks dengan pasangan Anda? Seperti berapa lama idealnya aktivitas ranjang itu? Anda jangan terlalu berpikir hal tersebut, karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Photo by Olya Kobruseva from Pexels

Secara umum yang diketahui pria, wanita memiliki durasi lebih lama untuk mencapai orgasme. Sehingga pria merasa khawatir untuk tidak bisa mengimbanginnya. Namun perlu Anda ketahui, dalam laman Mindbodygreen, tidak ada patokan seberapa ideal durasi bercinta Anda dengan pasangan.

Tapi terapis seks rata-rata mengatakan tujuh sampai 13 menit adalah waktu yang "diinginkan" wanita dalam berhubungan seksual. Satu hingga dua menit dianggap "terlalu pendek", tiga hingga tujuh menit "cukup", dan 10 hingga 30 menit dianggap "terlalu lama". Lalu faktor apa saja yang bisa mempengaruhi durasi hubungan seks ini?

Usia
Jumlah waktu antara dimulainya hubungan seks saat pria berejakulasi cenderung semakin pendek seiring bertambahnya usia. Dengan kata lain, orgasme bisa lebih cepat saat mereka semakin tua. 

Masalah Kesehatan
Disfungsi seksual dapat memengaruhi berapa lama hubungan seks berlangsung. Sekitar 40% pria mengalami disfungsi ereksi (DE) pada usia 40 tahun, dan hampir 70% pria mengalami DE pada usia 70 tahun. Sekitar satu dari tiga pria berusia antara 18 dan 59 tahun mengalami ejakulasi dini, sehingga hubungan seks cenderung berlangsung lebih singkat.

Tingkat Gairah
Betapa terangsangnya seseorang ketika mereka mulai berhubungan seks dan jenis tindakan seksual apa yang mereka lakukan, dapat memengaruhi berapa lama mereka mencapai orgasme. Misalnya, melakukan hubungan intim tanpa cukup terangsang dapat mempersulit seseorang dengan klitoris untuk mengalami orgasme.

Di sisi lain, jika pria mendapatkan blow job yang sangat menstimulasi sebelum pindah ke hubungan vaginal, mereka mungkin mencapai orgasme lebih cepat. Siklus respons seksual setiap orang unik bagi mereka. Memahami respons seksual Anda sendiri adalah kunci menuju seks yang hebat.

Alkohol dan Obat-obatan
Menggunakan zat tertentu dapat mempengaruhi berapa lama hubungan seks berlangsung, karena dapat mempengaruhi hasrat, gairah, dan kemampuan seseorang untuk orgasme. Bagi mereka yang minum terlalu banyak dapat membuat lebih sulit untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi, atau mencapai orgasme.

Melihat dari faktor yang ada, seksolog Shamyra Howard mengatakan, bahwa daripada Anda terlalu memikirkan durasi hubungan seks, lebih baik fokus pada seberapa besar Anda menikmati seks yang Anda alami daripada mencoba membuatnya bertahan lebih lama atau terjadi lebih cepat. 

"Berapa lama seks harus bertahan akan bervariasi berdasarkan bagaimana individu mendefinisikan seks dan apa yang diperlukan," kata Howard.

SHARE