Bangkitnya Kode QR untuk Pembayaran Pasca Pandemi - Male Indonesia
Bangkitnya Kode QR untuk Pembayaran Pasca Pandemi
MALE ID | Works

Pandemi telah mengubah cara pelanggan berbelanja. Seiring bisnis terus menemukan cara inovatif untuk memastikan pelanggan merasa aman dan mengendalikan lingkungan mereka di toko, kode QR telah menjadi metode masuk untuk menciptakan pengalaman pembayaran nirsentuh yang kini diharapkan pelanggan.

Photo by Proxyclick Visitor Management System on Unsplash

Bagi pelanggan, teknologi ini memungkinkan mereka mengakses menu dan membayar makanan di restoran dengan mudah, membayar sekotak susu di toko bahan makanan atau nektarin di pasar petani, dan banyak lagi.

Dalam laman Mobilepaymentstoday, teknologi kode QR baru-baru ini mengalami kebangkitan karena dorongan untuk pembayaran nirsentuh selama penguncian pandemi, dan lonjakan itu terus berlanjut. Ini bukanlah metode pembayaran baru, melainkan jalur baru untuk membuka halaman pembayaran dengan cara yang aman dan mudah.

Dari perspektif bisnis, kode QR memungkinkan restoran, pengecer, dan bahkan bisnis kecil untuk membangun kembali kepercayaan dengan pelanggan saat mereka memasuki kembali etalase setelah pandemi.

Nilai Kode QR
Kode QR adalah kode batang dua dimensi yang berisi informasi, paling sering berupa tautan, ke aplikasi atau URL situs web. Pelanggan memindai kode QR menggunakan kamera ponsel cerdas dan dibawa ke halaman arahan tempat mereka dapat mengakses menu dan menyelesaikan pembayaran.

Karena kode QR pada dasarnya adalah tautan cepat langsung ke halaman checkout, kode tersebut seaman pembelian apa pun yang dilakukan di situs eCommerce hari ini untuk pedagang dan pelanggan. Karena pelanggan tidak perlu memasukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi, pelanggan harus memastikan perangkat seluler yang mereka gunakan aman.

Kasus penggunaan untuk kode QR bukanlah solusi satu ukuran untuk semua dan pengembang harus memikirkan kasus penggunaan untuk menentukan apa tujuan akhirnya. Apakah ini faktur yang harus dibayar? Tab restoran yang mungkin ingin dipisahkan oleh pelanggan? Kios pasar petani yang tidak punya waktu untuk menghasilkan kode QR unik untuk setiap pelanggan yang dipanggil? Setiap kasus penggunaan memiliki alurnya sendiri untuk dibuat.

Kode QR dapat menjadi pengubah permainan yang bergerak maju untuk pengecer. Vendor perangkat lunak independen telah mengembangkan solusi pembayaran ritel tanpa pengawasan yang memungkinkan pelanggan berbelanja online untuk semua produk yang mereka butuhkan dan aplikasi mengembalikan kode QR kepada mereka untuk digunakan untuk mengambil barang.

NMI memberdayakan ISV untuk menggunakan kode QR dengan cara ini dan untuk berjualan barang di kios dan menciptakan pengalaman berbelanja serupa seperti Amazon Go, untuk konsumen yang mungkin ingin menghindari interaksi manusia saat berbelanja, karena masalah keselamatan dan kesehatan.

Pelanggan kemudian menggunakan kode QR tersebut di kios yang membagikan produk yang dibeli. Kemudian transaksi diproses dengan aman dan data kartu pelanggan disimpan dengan aman untuk belanja cepat dan mudah di masa mendatang.

Pengalaman nirsentuh ini menghilangkan kebutuhan akan terminal pembayaran dan merupakan solusi yang bagus untuk vendor perangkat lunak karena halaman pembayaran dapat dirancang untuk mendukung aliran pembayaran khusus kasus penggunaan. Ini juga merupakan jawaban yang bagus untuk pedagang yang tidak perlu terikat dengan perangkat pembayaran yang besar atau mahal.

SHARE