Alasan Mengapa Olahraga Anda tidak Berfungsi - Male Indonesia
Alasan Mengapa Olahraga Anda tidak Berfungsi
MALE ID | Sport & Hobby

Anda telah berolahraga selama berbulan-bulan, namun ketika melihat jenis tubuh yang telah Anda kerjakan tanpa lelah, seperti tak ada perubahan. Artinya latihan Anda sama sekali tidak berhasil.

Photo by Alora Griffiths on Unsplash

Meskipun tidak ada solusi universal atau spesifik untuk dilema ini, penyebab masalah Anda mungkin salah satu dari hal-hal yang tercantum di bawah ini. Laman Lifehack memaparkan alasan mengapa latihan Anda bisa tidak berfungsi.

1. Anda tidak Cukup Berolahraga
Anda mungkin sudah berolahraga dua kali sebulan atau sebanyak sekali seminggu. Dan Anda bertanya-tanya mengapa ada sesuatu yang tidak berubah? Jawabannya jelas, Anda tidak cukup berolahraga. Atau mungkin Anda sering berolahraga tetapi dengan intensitas yang sama berulang kali tanpa pernah mengubah rutinitas olahraga Anda.

Untuk bisa melihat perubahan pada tubuh Anda, perlu adanya tantangan dari waktu ke waktu. Mungkin, Anda telah berolahraga secara konsisten tetapi tidak cukup menantang diri Anda sendiri untuk memberikan hasil yang benar.

2. Anda Terlalu Banyak Berolahraga
Kebalikan dari yang tidak cukup berolahraga adalah mereka yang menghabiskan terlalu banyak waktu di gym. Kesalahpahaman yang umum adalah jika Anda berolahraga dengan sangat keras, Anda akan melihat hasil yang diharapkan dengan cepat. Tetapi ini mungkin tidak terjadi karena berolahraga terlalu keras hanya membuat otot tegang dan patah alih-alih benar-benar membangunnya. 

Menambahkan power shake ke rutinitas pasca-latihan Anda akan membantu tubuh Anda pulih dan diisi ulang untuk sesi berikutnya. Ada juga banyak vitamin dan suplemen terbukti yang dapat Anda pertimbangkan yang pasti dapat mempercepat pembaruan otot. Jangan pernah lupa untuk beristirahat karena istirahat juga berarti mendapatkan kekuatan yang Anda butuhkan agar dapat bertahan dari sisa rutinitas Anda.

3. Rutinitas Latihan Anda Salah
Ide "berolahraga" mungkin sudah cukup untuk Anda. Namun pada kenyataannya, ada rutinitas tertentu yang memiliki dampak lebih besar daripada yang lain. Ini adalah aspek penting untuk dipertimbangkan jika Anda benar-benar ingin melihat hasilnya.

Maklum, rutinitas latihan Anda harus sesuai dengan hasil yang ingin Anda capai. Jika Anda mengangkat beban, pastikan Anda mengangkat beban yang tepat. Ingin memperbesar? Tambahkan lebih banyak bobot.

Ini mungkin mengharuskan Anda untuk berbicara dengan pakar rutinitas olahraga untuk mengetahui latihan mana yang terbaik untuk Anda. Penting juga untuk mengubah rutinitas Anda dari waktu ke waktu. Ada banyak cara yang menyenangkan dan unik untuk mengubah rutinitas olahraga Anda. 

4. Pola Makan Anda Salah
Orang bisa berolahraga selama berhari-hari dan tetap tidak melihat perubahan jika mereka makan makanan yang salah. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, berolahraga tidak akan pernah cukup. Perubahan dalam pola makan Anda harus dilakukan, yaitu perbanyak jenis makanan alami dan utuh sambil menghindari makanan yang tidak sehat. 

Buah-buahan, sayuran, lemak sehat, dan peningkatan asupan protein pasti akan membantu latihan Anda. Anda juga harus menghindari makan berlebihan. Lebih dari itu, Anda tidak boleh menghadiahi diri Anda sendiri dengan makanan berat setelah setiap latihan.

Sebaiknya Anda juga membagi makanan menjadi porsi yang lebih kecil sepanjang hari. Karena itu, ngemil akan membantu Anda menghindari makan berlebihan saat makan. Jangan khawatir jika Anda belum melihat perubahan besar, ??tidak ada kata terlambat. Anda selalu dapat menyesuaikan rutinitas dan diet Anda untuk melihat yang terbaik untuk tubuh Anda. 

Ingat, menjadi bugar bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan mudah, ini membutuhkan banyak perencanaan, penjadwalan, dan diet. Dan jika Anda melakukan beberapa penyesuaian pada hal-hal yang disebutkan di atas, latihan Anda kemungkinan besar akan berhasil untuk Anda.

SHARE