Cara Agar Mobil Tetap Mulus Tanpa Goresan - Male Indonesia
Cara Agar Mobil Tetap Mulus Tanpa Goresan
MALE ID | Sport & Hobby

Selain kerusakan, satu hal yang tak Anda inginkan terjadi pada mobil adalah goresan atau baret pada catnya. Goresan pada mobil memang secara tak langsung mengurangi kecantikan penampilan mobil Anda. 

Photo by Erik Mclean on Unsplash

Tak cuma itu, goresan pada mobil juga secara tak langsung menandakan bahwa sang pemilik tak perhatian akan tunggangannya. Padahal timbulnya baret pada mobil bisa dihindari. Di samping berkendara dengan hati-hati, Anda juga bisa melakukan sejumlah tindakan pencegahan. 

Menghilangkan goresan pada mobil juga tak murah. Untuk itu, apabila masih bisa dicegah sebaiknya maksimalkanlah. Maka dari itu, mengutip dari berbagai sumber, berikut ini cara agar mobil Anda tetap mulus tanpa goresan.

Hati-hati Saat Parkir
Tanda batas parkir berupa garis putih. Usahakan menempatkan mobil berada di tengah-tengah batas yang tersedia, tidak terlalu mepet ke kiri atau ke kanan. Selain itu, jangan memarkir di tempat yang sering dilalui orang agar terhindar goresan yang disebabkan orang lewat yang iseng ataupun tergores barang bawaan dari orang yang melintas.

Perhatikan juga ketinggian dan posisinya. Jangan sampai pembatas menyentuh atau bahkan merusak komponen pada kolong mobil Anda. Ini menjadi perhatian utama bagi pengendara mobil yang ground clearance-nya sangat pendek.

Jaga Jarak Aman dengan Pintu Mobil Lain
Perhatikan jarak dan posisi dengan mobil atau kendaraan yang sebelumnya sudah terparkir di sekeliling mobil kita. Sediakan ruang yang cukup aman untuk pintu mobil dibuka agar tak mentok. Jangan lupa lipat spion agar terhindar dari kemungkinan tersenggol mobil lain.

Rajin Cuci Mobil
Cat mobil memiliki lapisan halus yang mengkilap. Lapisan itu sayangnya bisa membuat bentuk pusaran bila Anda tak rajin mencuci mobil. Sebaiknya hindari untuk mencuci mobil secara otomatis karena tanda pusaran itu malah bisa muncul. Cucilah mobil dengan tangan dan tetap harus berhati-hati saat mengelapnya. Hindari untuk menggunakan lap kering karena bisa membuat kotoran menggores cat. 

Gunakan Pembersih yang Baik
Jangan asal-asalan menggunakan cairan saat mencuci mobil. Hindari produk yang abrasif dan berpotensi menimbulkan baret pada mobil. Gunakan lap microfiber yang bisa menyerap air lebih cepat tanpa menimbulkan bekas.

Menggunakan Wax
Wax merupakan salah satu cara merawat cat mobil. Tak hanya melindungi cat mobil dari pancaran sinar Ultraviolet namun juga dari kotoran dan debu. Dengan wax, setidaknya Anda bisa mengurangi potensi baret timbul pada mobil. 

SHARE