Seleb Dunia yang Meraup Kekayaan dari Bisnis - Male Indonesia
Seleb Dunia yang Meraup Kekayaan dari Bisnis
MALE ID | News

Siapa bilang kehidupan sebagai seorang artis itu pasti akan selalu menjanjikan? Kalau tidak bijak mengelola uang, semua orang juga bisa bangkrut dengan hutang yang menumpuk.

Photo: Norwooduk/Wikipedia

Begitupun dengan karier seorang public figure atau selebritas yang mungkin terlihat sebagai pekerjaan yang paling aman. Tetapi, ternyata tidak seperti itu kenyataannya. Justru para seleb dunia ini kaya raya di luar dari dunia kartisannya.

Simon Cowell dan Victoria Beckham menduduki puncak daftar selebritas Inggris berpenghasilan tertinggi sebagai pebisnis. Cowell dan Beckham berada di urutan ke-14 dalam tabel itu dengan perkiraan masing-masing 34 juta pound (sekitar Rp 655 miliar) pendapatan tahunan dari perusahaannya.

Analisis tersebut melihat berapa banyak pendapatan selebritas itu dari bisnis yang mereka luncurkan daripada pendapatan di industri hiburan. Cowell, sang maestro musik, telah menjadi pemimpin dalam industri selama lebih dari 40 tahun.

Cowell memiliki perusahaan hiburannya sendiri, Syco. Pria berusia 60 tahun itu secara mengejutkan meninggalkan label rekamannya dalam kesepakatan delapan digit. Dia menegaskan tidak lagi terlibat dengan Syco Music, setelah kehilangan banyak artis, termasuk Little Mix dan One Direction dalam beberapa tahun terakhir.

Cowll menjual Syco Music ke Sony Music pada 2005. Dia akan fokus pada perusahaan TV-nya, Syco Entertainment yang memiliki acara The X Factor dan Got Talent.

Sementara itu, perancang busana jutawan besar Victoria Beckham meraup banyak pendapatan dengan label fashion kelas atas yang dikenakan oleh orang-orang terkenal, seperti Duchess of Sussex dan Kim Kardashian. Dengan penghasilannya yang dianggap besar, Beckham pun mendapat kritikan karena memecat 25 dari 120 stafnya pada April lalu.

Mantan anggota Spice Girl itu juga memecat 20 staf di perusahaan fashion-nya. Bisnis istri David Beckham itu terpuruk akibat pandemi Covid-19. Penjualannya anjlok setelah penutupan toko utamanya di London pada Maret lalu. Meskipun mengalami kerugian setiap tahun sejak diluncurkan 11 tahun lalu, Beckham masih menjadi salah satu penerima pendapatan tertinggi di Inggris.

Analisis yang diterbitkan firma pemasaran Digitaloft dan analis daring OLBG menempatkan rapper Amerika Dr Dre di nomor satu. Dre mungkin bukan menjadi miliarder pertama dalam hip-hop seperti yang dia janjikan pada 2014, tapi dia masih menjadi salah satu orang terkaya dalam bisnis ini.

Forbes memperkirakan bahwa kekayaan bersih Dr Dre sekitar 608 juta pound (sekitar Rp 11 triliun), setelah dia menjual perusahaan headphone larisnya, Beats by Dre ke Apple pada 2014 seharga tiga miliar dolar AS (sekitar Rp 44 triliun).

Dre awalnya menghasilkan uang dari label rekaman yang membuat dia menjadi orang sangat kaya. Dia juga bertanggung jawab atas musisi Eminem dan 50 Cent yang membantu meningkatkan kekayaannya secara signifikan. Dre menghasilkan uang melalui pekerjaannya sebagai produser, tetapi dia juga masih melakukan beberapa pertunjukan dari waktu ke waktu.

Kanye West berada di urutan kedua dengan penghasilan sekitar 1 juta pound (sekitar Rp 19 triliun) setiap tahun dari Yeezy dan lini pakaiannya. Rapper Gold Digger juga mengungkapkan kesepakatan kolaborasi 10 tahun antara label Yeezy dan toko pakaian high street GAP. Dia membuat pengumuman yang menarik di halaman Twitter-nya dengan kata-kata, "YEEZY AND GAP FORM PARTNERSHIP."

Istrinya, Kim Kardashian juga meraup kekayaan dari perusahaan kecantikannya dengan kisaran pendapatan 77 juta pound (sekitar Rp 1,4 triliun) setahun. Atas pendapatannya itu, dia menempati posisi 12.

Bintang reality show itu juga menjual sebagian dari merek kecantikan KKW-nya ke Coty dengan kesepakatan senilai 200 juta dolar AS (sekitar Rp 2 triliun). Perusahaan kosmetik itu sekarang memiliki 20 persen saham dalam  bisnis reality star serta berinvestasi di lini saudaranya, Kylie Jenner pada tahun lalu.

Rihanna meraih tempat ke empat lewat koleksi perusahaan mode dan kecantikan Fenty. Penyanyi "Diamonds" itu meraup total gabungan sekitar 860 juta pound (Rp 16,5 triliun) setahun.

Beberapa aktris juga masuk dalam sepuluh besar. Jessica Alba berpenghasilan sekitar 295 juta pound (sekitar Rp 5 triliun) setahun sebagai pendiri Honest Company yang membuat produk bayi alami. Aktris Bride Wars Kate Hudson mendapat 232 juta pound (sekitar Rp 4 triliun) dari lini pakaian olahraga dan pakaian aktifnya sendiri, Fabletics Sportswear.

Bintang cilik kembar Mary-Kate dan Ashley Olsen yang menjadi desainer mendapatkan sekitar 114 juta pound (sekitar Rp 2 triliun) dari merek fashion The Row. Si kembar Olsen meluncurkan The Row pada 2006.

Sekitar 14 tahun kemudian, mereka masih berhasil mendapatkan keuntungan dari barang-barang mewahnya itu. Jessica Simpson yang terkenal sebagai penyanyi, kini menghasilkan 770 juta pound (sekitar Rp 14 triliun) setahun dari jenama fashion eponimnya.

SHARE