Tertarik Seseorang Selain Pasangan? Lakukan Ini - Male Indonesia
Tertarik Seseorang Selain Pasangan? Lakukan Ini
MALE ID | Relationships

Merasa tertarik pada seseorang selain pasangan Anda sendiri menjadi dilema yang bisa terjadi pada siapa saja.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Dalam satu survei tahun 2016, dilansir dari independent, menyebutkan bahwa sebanyak 50 persen orang yang menjalin hubungan memiliki perasaan terhadap orang lain selain

pasangannya. Sementara satu dari lima orang dewasa mengaku jatuh cinta dengan orang lain.Mengatasi dilema ini bergantung banyak faktor, antara lain menyangkut keadaan hubungan Anda saat ini. Namun yang terpenting, apakah ketertarikan Anda para orang lain itu dianggap sebagai cinta yang tidak berbahaya, atau sebagai sesuatu yang lebih dalam.

Berikut ini saran dari beberapa pakar hubungan tentang apa yang harus Anda lakukan ketika menyukai orang lain selain pasangan Anda.

Tidak Didapat dari Pasangan

Pertimbangkan alasan mengapa Anda sampai menyukai orang lain. Apakah orang itu memberikan sesuatu yang tidak Anda dapatkan dari pasangan?

Jika itu masalahnya, psikolog hubungan Madeleine Mason-Roantree menyarankan untuk meluangkan waktu merenungkan apa yang hilang dalam hubungan Anda selama ini.

“Pikirkan tentang apa yang hilang dan atasi hal ini dengan pasangan Anda terlebih dahulu. Pada pembicaraan tahap ini, jangan dulu ungkap ketertarikan Anda pada orang lain dengan pasangan,” katanya.

Mungkin pasangan Anda merespons dengan baik percakapan ini. Kemudian dia pelan pelan mulai memberi Anda apa pun yang tadinya Anda dapatkan dari orang lain. Jika demikian, masalah terselesaikan.

Ambil Langkah Mundur

Ketika Anda memiliki hubungan percintaan yang baik, kemudian tiba-tiba diri Anda memikirkan orang lain, hal itu bisa memicu kebingungan, ketakutan, lalu timbul perhatian pada orang tersebut.

Tetapi reaksi seperti itu tidak mesti Anda pikirkan. Menurut pelatih kencan, James Preece, sebelum Anda melakukan tindakan yang drastis, lebih baik segera ambil langkah mundur.

“Sangat normal untuk menyukai orang lain walau Anda memiliki pasangan. Hubungan dengan pasangan tetap berjalan baik, dan Anda tetap menghargai orang yang membuat Anda tertarik. Mungkin ada khayalan Anda dengan orang itu. Namun selama dalam batas-batas yang sehat, wajar saja,” kata Preece.

Identifikasi Batasan Anda

Menurut Preece, hal yang wajar merasa tertarik pada orang lain di saat Anda memiliki pasangan. Ini tidak berbahaya, selama Anda dapat mengidentifikasi batasan Anda.

“Ketika terikat dalam suatu hubungan, beberapa orang mungkin pernah terlibat ketertarikan pada orang lain. Tetapi mampukah Anda menciptakan batasan yang mencegah hal itu memengaruhi Anda dan hubungan Anda?” kata psikolog klinis Marc Hekster.

Jika batasan itu menciptakan kecemasan atau konflik, lanjut Hekster, atau Anda merasa berada  dalam bahaya karena bertindak berdasarkan ketertarikan tersebut, maka penting untuk memahami alasannya.

Lakukan dengan hati-hati

Namun bila Anda memutuskan untuk bertindak atas ketertarikan Anda, kata Preece, maka berhati-hatilah.

“Anda mungkin berpikir bahwa sedikit menggoda atau mengirim beberapa teks nakal adalah permainan kecil yang sama sekali tidak berbahaya. Masalahnya, ini bisa meningkat dengan cepat,” jelasnya.

"Satu menit Anda mengirim emoji kedipan mata dan selanjutnya selfie setengah telanjang. Mungkin Anda tidak berniat melakukan sesuatu yang serius, tetapi bayangkan bagaimana perasaan Anda jika menemukan percakapan ini di ponsel pasangan Anda,” ujar Preece.

Preece menyarankan, jika Anda memutuskan untuk lebih memilih bersama orang lain, maka sebaiknya selesaikan hubungan dengan pasangan Anda terlebih dahulu secara baik-baik.(*)

SHARE