Perairan Misterius tak Hanya Segitiga Bermuda - Male Indonesia
Perairan Misterius tak Hanya Segitiga Bermuda
MALE ID | Story

Saat berbicara kisah misteri sebuah perairan, Segitiga Bermuda menjadi salah satu lokasi yang tidak bisa diindahkan. Segitiga Bermuda menjadi lokasi yang menyimpan berbagai mistiri. Bahkan, beberapa orang mengaitkannya dengan berbagai teori konspirasi.

Photo: Thoroe/Wikipedia

Namun, tahukah Anda, masih ada perairan lain yang memiliki kejadian misterius. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa perairan yang tak kalah misterius dengan segitiga bermuda.

Segitiga Bermuda Atlantik
Segitiga yang paling terkenal tentunya adalah Segitiga Bermuda Atlantik. Kawasan ini dihubungkan oleh titik-titik imajiner yang berlokasi di Miami, Puerto Rico dan Bermuda. Misteri yang terjadi di kawasan ini tentunya sudah tak terhitung. 

Banyak sekali pesawat dan kapal hilang sia-sia saat melintasinya. Pencarian pun seolah tak membawa hasil. Berbagai spekulasi muncul tentang fenomena ini. Ada yang bilang pesawat dan kapal itu masuk dalam lubang hitam raksasa di lautan, masuk dimensi lain atau ditangkap oleh alien. 

Segitiga Masalembo
Lokasi ini sering disebut sebagai Segitiga Bermuda versi Indonesia. Peristiwa tenggelamnya Kapal Tampomas II pada 1981, Kapal Senopati Nusantara pada 2006, KM Sumber awal pada 2007 serta teratai Prima pada 2009, terjadi di kawasan segitiga masalembo. Bahkan, Adam Air pun jatuh di sana pada 2007 lalu.

Kawasan ini dikenal  memiliki arus air yang berbeda dengan perairan lainnya. Bahkan, disebutkan sering terjadi badai secara tiba-tiba. Konon, Segitiga Masalembo merupakan sebuah kerajaan jin yang suka menenggelamkan siapa saja yang lewat kawasan tersebut.

Segitiga Michigan
Segitiga Michigan merujuk pada sebuah danau yang terletak di Amerika Serikat. Danau ini mulai dianggap mistis setelah kapten George Donner menghilang misterius saat menambang batubara pada tahun 1937. Tiga belas tahun kemudian, pesawat Northwest Airlines 2501 yang membawa 55 penumpang dan tiga kru hilang tanpa jejak. 

Pesawat tersebut seolah menghilang begitu saja di udara. Bangkai pesawat tak pernah ditemukan dan menyisakan misteri tak terjawab. Beberapa saksi mata juga mengaku pernah melihat benda-benda aneh mirip pesawat beterbangan di sekitarnya. 

Segitiga Naga Jepang
Wilayah ini merujuk pada garis imajiner berbentuk segitiga yang menghubungkan Kepulauan Jepang, Taiwan, dan Kepulauan Bonin di utara Laut Filipina. Salah satunya kasus hilangnya kapal dan pesawat sejak era pasca-berakhirnya Perang Dunia II. Kejadian berawal pada 1955 silam, pemerintah Jepang sempat mengirim sekelompok ahli untuk melakukan penelitian menggunakan sebuah kapal bernama Kawamaru.

Namun kapal Kawamaru hilang tanpa jejak di perairan Segitiga Naga. Segitiga Naga juga disebut menjadi penyebab utamanya hilangnya pilot wanita pertama yang berambisi mengelilingi Bumi, yakni Amelia Earhart asal Amerika Serikat (AS). Banyak yang berpendapat, siapapun yang melintasi kawasan ini, maka akan hilang dan tak ditemukan. 

Tak sedikit pula yang meyakini bahwa Segitiga Naga terbentuk untuk memenjarakan orang-orang jahat yang diawasi oleh seekor naga. Tapi menurut peneliti asal AS bernama Terrence Sanderson, sebagian besar segitiga-segitiga misterius memiliki satu kemiripan, yakni berlokasi di tempat pertemuan arus panas dan arus dingin.

Perairan Sargasso
Perairan Sargasso memang masih bertetangga dengan segitiga Bermuda. Kawasan ini memiliki suhu hangat walaupun berlokasi di kawasan samudra Atlantik yang terkenal dingin dan membekukan. Namun yang paling penting, kawasan ini juga tak kalah mengerikan.

Sejumlah kapal sering ditemukan tanpa awak di wilayah yang dipenuhi Sargassum ini. Salah satu korbannya adalah kapal Rosalie yang berlayar pada tahun 1840. Setelah beberapa lama menghilang, kapal ini ditemukan mengelilingi lautan dalam kondisi tanpa awak dan tanpa mayat.

SHARE