Langkah Ini Selamatkan Smartphone yang Sering Hang - Male Indonesia
Langkah Ini Selamatkan Smartphone yang Sering Hang
MALE ID | Digital Life

Semakin lama atau sering dipakai, kinerja smartphone biasanya terasa lebih lambat atau sering hang, bahkan berhenti mendadak. Ini terjadi karena data di ponsel makin bertambah, baik dari banyaknya aplikasi yang dipasang maupun data yang masuk.

Photo by Paula Lavalle on Unsplas

Pastinya Anda pernah menemukan aplikasi yang terlalu penuh terpasang pada smartphone. Ini biasanya yang mengakibatkan smartphone Anda bisa bekerja lebih keras daripada sebelumnya. Alhasil smartphone Anda pun kerap mengalami kondisi hang.

Hang merupakan sebuah kondisi di mana smartphone dalam keadaan menyala namun tak merespon berbagai sentuhan pada layarnya. Nah, mengutip dari berbagai sumber, Anda bisa menghindari hal itu dengan beberapa hal berikut.

Hapus Cache
File cache atau sampah akan diproduksi secara terus menerus saat Anda membuka dan menjalankan aplikasi tertentu. Sebenarnya file sampah tersebut jangan dibiarkan menumpuk pada memori internal. Anda harus sering membersihkannya agar sampah yang menumpuk tersebut tidak membuat smartphone Anda lemot atau nge-hang.

Hindari Live Wallpaper
Menggunakan live wallpaper membuat ponsel Android bisa menjadi lambat, bahkan lag atau hang. Untuk terhindar dari hang, sebaiknya pengguna tidak memasang live wallpaper.

Stop Aplikasi Tak Terpakai
Banyak aplikasi yang tengah berjalan membuat ponsel bekerja lebih keras. Salah satu penyebab hang ialah karena pengguna menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Oleh karena itu, matikan aplikasi yang benar-benar tidak terpakai.

Hapus Aplikasi yang Tak Penting
Terkadang aplikasi yang tidak sering dipakai atau aplikasi yang tidak benar-benar dibutuhkan tetap terpasang di ponsel. Hal ini bisa memakan memori internal Anda, terlebih bila aplikasi itu meminta update dan semakin memberatkan handset Anda. Sebaiknya Anda hanya memasang aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan.

Perhatikan RAM Ponsel
Mengetahui berapa RAM ponsel pengguna menjadi penting. Dengan demikian, pengguna bisa mengukur dan menghindari membuka aplikasi terlalu banyak. Semakin besar kapasitas RAM, maka smartphone semakin mumpuni untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus

Factory Reset
Bila smartphone Anda sering hang atau tidak dapat bekerja dengan optimal, mungkin saatnya melakukan factory Reset. Ini merupakan jalan terakhir bila segala cara sudah ditempuh, namun belum juga membuahkan hasil signifikan. Umumnya, setelah factory reset, pengguna bisa merasakan ponsel terasa lebih enteng.

SHARE