Penyakit Jantung Bisa Menyerang Usia Produktif - Male Indonesia
Penyakit Jantung Bisa Menyerang Usia Produktif
MALE ID | Sex & Health

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2018, prevalensi penyakit jantung di Indonesia adalah 1,5%, berarti setiap 15 orang dari 1,000 penduduk Indonesia sudah terdiagnosa penyakit jantung dan kardiovaskular. 

Photo by jesse orrico on Unsplash

Di tahun 2017 penyakit jantung dan kardiovaskular merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia yaitu sebesar 17,79 juta jiwa. Di Indonesia penyakit jantung dan kardiovaskular juga menjadi menempati posisi tertinggi yaitu sebesar 26,4%. Ini berarti satu dari setiap empat orang yang meninggal di Indonesia adalah akibat penyakit jantung dan kardiovaskular.

Penyakit jantung koroner atau penyakit arteri koroner terjadi akibat adanya penyumbatan pada aliran darah arteri ke jantung. Pembuluh darah utama yang memasok darah, oksigen dan nutrisi ke jantung menjadi rusak. Namun, banyak yang belum menyadari bahwa penyakit jantung koroner ini bisa dicegah sejak dini. 

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit gaya hidup dan dapat dihindari dengan menerapkan gaya hidup yang sehat sejak sedini mungkin. Trennya pun sudah menunjukkan bahwa penyakit jantung dan kardiovaskular menyerang kelompok usia produktif. 

"Generasi milenial juga masuk kelompok umur yang rentan terhadap penyakit jantung dan kardiovaskular," kata Esti Nurhadin, ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia melalui keterangan tertulisnya. 

Faktor risiko penyakit jantung koroner seperti umur dan jenis kelamin tidak dapat diubah. Namun faktor-faktor resiko yang berasal dari gaya hidup seperti merokok, konsumsi makanan yang tidak sehat, konsumsi alkohol yang berlebihan, kurangnya aktivitas berolahraga, stres tinggi, kurang istirahat, merupakan hal-hal yang bisa diubah agar terhindar dari penyakit jantung koroner. 

Lebih lanjut, tutur Esti, gaya hidup yang tidak sehat akan mempercepat kerusakan pada pembuluh darah. Tanda-tanda kerusakan pada pembuluh darah yang harus diwaspadai pada usia muda adalah hipertensi yaitu tekanan darah tinggi, hiperkolesterol yaitu tingginya kadar kolesterol dalam darah, arteroskeloris yaitu kadar kolesterol yang tidak terkendali yang menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah, dan obesitas. 

Maka dari itu, pemeriksaan kesehatan secara rutin sejak dini menjadi bagian penting dari pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. Di masa pandemi Covid-19 ini, dengan menjaga kesehatan jantung berarti imunitas tubuh akan dapat ditingkatkan. Saat ini pun merupakan saat yang paling tepat untuk mengubah gaya hidup dan menjaga kesehatan jantung. 

"Karena orang-orang yang sudah mengidap penyakit jantung dan kardiovaskular akan beresiko lebih berat apabila terpapar virus Covid-19 dibandingkan dengan mereka-mereka yang tidak memiliki penyakit penyerta," ucap Esti.

SHARE