Waktu yang Tepat untuk Meminta Kenaikan Gaji - Male Indonesia
Waktu yang Tepat untuk Meminta Kenaikan Gaji
MALE ID | Works

Mengapa Anda menginginkan kenaikan gaji? Ini adalah pertanyaan kritis. Tapi sebelum Anda meminta kenaikan gaji, buatlah daftar semua alasan terelebih dahulu sebelum benar-benar membicarakannya kepada bos Anda. Karena Kompensasi harus sepadan dengan upaya dan hasil dari diri Anda.

Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Saat Anda mengajukan permintaan kenaikan gaji, alasan Anda harus didasarkan pada kinerja Anda dan nilai yang Anda bawa ke tim dan organisasi. Bukan karena Anda lama sudah bekerja di tempat Anda sekarang. Meski itu menjadi salah satu faktor lain. Tetapi jika Anda berada di posisi bos Anda, tentu hal utama adalah hasil kinerja Anda, bukan?

Cara terbaik untuk meminta kenaikan gaji adalah dengan melakukan riset dan mengetahui nilai Anda, kemudian mendekati atasan Anda secara profesional. Meskipun prosesnya tampak mengintimidasi dan tidak nyaman, sebenarnya tidak harus demikian.

 
 

Jika Anda mengenal atasan Anda dan sudah mempersiapkan persenjataan dengan fakta, Anda akan merasa lebih percaya diri untuk memulai percakapan dalam mengungkapkan tujuan Anda. Beri diri Anda cukup waktu untuk mempersiapkan percakapan, dan berikan manajer Anda waktu yang cukup untuk mempertimbangkan permintaan Anda.

Jadwalkan pertemuan dengan atasan Anda sebelumnya daripada mengetuk pintu mereka dan mengajukan permintaan Anda pada mereka. Dengan cara itu menunjukkan bahwa Anda memperhatikan waktu mereka. Jika atasan Anda sibuk pada hari tertentu dalam seminggu, hapus hari itu dari daftar Anda. Setelah pertemuan dijadwalkan, perlakukan persiapan pertemuan Anda seperti laporan penelitian perguruan tinggi. Temukan informasi yang dapat dipercaya.

Berapa Banyak yang Harus Anda Minta?
Dalam laman Businessnewsdaily, kenaikan gaji rata-rata adalah 3%. Kenaikan gaji yang baik berkisar dari 4,5% hingga 6%, dan lebih dari itu dianggap luar biasa. Bergantung pada alasan Anda mengutip kenaikan gaji dan lamanya waktu sejak kenaikan terakhir Anda, Anda dapat meminta kenaikan dalam kisaran 10% hingga 20%. 

Namun, semakin tinggi persentase yang Anda minta, semakin baik alasan Anda. Misalnya, jika Anda menerima posisi dengan sedikit perjalanan kantor dan sekarang Anda bepergian lebih dari separuh waktu, meminta 20% bukanlah hal yang tidak masuk akal. Tugas Anda telah berubah secara signifikan.

Lain hal jika Anda meminta kenaikan gaji karena sudah lebih dari setahun sejak terakhir kali dan Anda terus bekerja dengan baik dalam tugas rutin Anda, mulailah dengan persentase yang lebih masuk akal. Anda masih berhak mendapatkan kenaikan gaji, tetapi permintaan Anda harus disesuaikan dengan kenyataan kontribusi Anda.

Waktu yang Tepat
Beberapa orang mengatakan tidak pernah ada waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji, tetapi gunakan akal sehat. Jangan meminta kenaikan gaji pada waktu yang sensitif, seperti jika perusahaan Anda telah memberhentikan orang, departemen Anda memiliki jumlah yang rendah untuk kuartal tersebut, atau atasan Anda sedang menghadapi situasi pribadi yang sulit.

Pertimbangkan praktik kenaikan gaji perusahaan Anda saat ini. Jika mereka biasanya memberikan kenaikan gaji pada tahun pertama, hubungi bos Anda pada bulan November atau Desember. Ini memberi mereka kesempatan untuk mempertimbangkan permintaan Anda dan bekerja dengan bos mereka daripada meminta mereka mengubah keputusan saat Anda mengetahui kenaikan tarif Anda.

Jika tidak ada praktik standar, cobalah untuk mengatur waktu permintaan Anda pada waktu yang "baik", seperti saat Anda tahu atasan Anda senang dengan pekerjaan Anda, atau selama kuartal yang sukses atau waktu tahun di mana semua orang tidak stres.

SHARE