API 2020, Momentum Bangkitkan Pariwisata Indonesia - Male Indonesia
API 2020, Momentum Bangkitkan Pariwisata Indonesia
MALE ID | Relax

Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 bisa menjadi momentum baik untuk bangkitkan pariwisata Indonesia setelah sekian lama terdampak pandemi COVID-19. Karena melalui API, berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah bisa aktif mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing, sehingga masyarakat bisa memilih destinasi atau objek wisata yang terbaik, terpopuler menurut pendapat mereka. 

Male Indonesia

Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API 2020) sudah berjalan selama 02 (dua) bulan. Selama perjalanan itu, Panitia mencatat hingga tanggal 30 September 2020 sudah masuk sebanyak 225.562 suara melalui SMS, e-poster Instagram dan video Youtube. Dari data jumlah suara yang masuk tersebut masih didominasi oleh Domestik sebanyak sekitar 90% dan sisanya dari manca negara.

Sebagai upaya untuk terus melakukan promosi bagi para nominasi dan tentunya Pariwisata Indonesia, Panitia Penyelenggara terus melakukan inovasi dalam penyelenggaraan API 2020. Diantaranya adalah dengan menggelar kegiatan Talkshow API Travel Talk sebagai wadah untuk bincang-bincang santai dengan para stakeholder pariwisata, terutama yang menjadi nominasi dalam API 2020. 

RELATED ARTICLES

Para stakeholder tersebut datang dari berbagai latar belakang, mulai dari Kepala Dinas Pariwisata, General Manager Hotel, Kepala Desa, Pelaku Seni hingga perwakilan dari Perusahaan Transportasi (perjalanan wisata). Hingga saat ini sudah terlaksana sebanyak 6 sessie talkshow, yang diantaranya menghadirkan perwakilan dari pemerintah daerah Kabupaten Madiun, Kota Palembang dan Kota Banda Aceh.

Panitia Penyelenggara berharap akan dapat lebih banyak lagi pemerintah daerah maupun stakeholder pariwisata lainnya yang turut serta ambil bagian dalam kegiatan ini, sebagai upaya bersama dalam terus mempromosikan Pariwisata Indonesia untuk segera membangkitkannya kembali setelah terkena dampak pandemi.

Sejalan dengan itu juga, Panitia Penyelenggara terus memantau promosi dan pemberitaan dalam rangka kegiatan API 2020. Selain dengan promosi dan pemberitaan yang melibatkan para selebritis ataupun komunitas, Panitia Penyelenggara juga mendapatkan bahwa banyak promosi dan pemberitaan dukungan terhadap nominasi yang dilakukan oleh para Wakil Rakyat (Anggota DPR RI), Wakil Menteri hingga Pejabat Eselon I di berbagai instansi setingkat Kementerian. 

Hal tersebut merupakan berita bagus karena menunjukan bahwa kegiatan API 2020 juga sudah menjadi perhatian para pemangku kebijakan di negara ini.

SHARE