Seberapa Sering Seharusnya Mencuci Jenggot? - Male Indonesia
Seberapa Sering Seharusnya Mencuci Jenggot?
MALE ID | Looks

Mencuci wajah yang baik menghilangkan semua debu dan kulit mati, begitu juga dengan jenggot. Sehingga sangat penting untuk menjaga jenggot Anda dalam kondisi yang sehat. Hal ini tentunya untuk mengatasi masalah gatal yang kerap terjadi. 

Photo by Doruk Yemenici on Unsplash

Ketika jenggot Anda tidak dirawat dengan baik, tentu ini akan berdampak pada penampilan Anda juga. Menjaga janggut Anda tetap bersih dan sehat adalah bagian dari rutinitas yang penting bagi Anda yang merawat jenggot. Lalu pertanyaanya harus seberapa sering?

Mengutip laman The Beard Mag, mencuci jenggot tidak terlalu sulit. Namun, banyak yang menyepelekannya. Pria biasanya memiliki kulit yang lebih cenderung ke tipe berminyak, oleh karena itu, untuk menjaga agar semuanya tetap rapi dan sehat, penting untuk mencuci muka secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari. Ini bisa dilakukan sekali di pagi hari, dan sekali tepat sebelum Anda pergi tidur. 

Tubuh menghasilkan minyak alami yang menjaga kesehatan jenggot, jadi jika Anda mencucinya setiap hari, Anda bisa menghilangkan semua minyak yang diperlukannya. Ini membuat mereka kering dan juga rentan terhadap potensi kerusakan di masa depan. 

Jadi, disarankan untuk mencuci jenggot Anda setidaknya dua kali seminggu dengan sampo khusus jenggot. Jika Anda adalah seseorang yang sporty dan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, Anda juga bisa mencuci janggut setiap hari. Namun, akan lebih baik jika Anda melakukannya dengan benar. 

Jenis kulit
Sebelum Anda melakukan proses pencucian jenggot, baiknya Anda mempertimbangkan jenis kulit dan jenggot Anda lebih dahulu. Untuk kulit berminyak misalnya, cuci janggut Anda lebih sering. Anda bisa melakukannya setiap hari jika kulit Anda bisa mentolerir keasaman. Ini dilakukan untuk mencegah penumpukan di dalam pori-pori, yang sering kali bisa memicu timbulnya jerawat. 

Kemudian untuk kulit kering, sahakan untuk mencuci janggut Anda hanya setiap dua hingga tiga hari. Ini untuk memastikan Anda tidak terlalu mengeringkan kulit sehingga menjadi bersisik atau pecah-pecah. 

Jenis Jenggot
Untuk jenis jenggot pun sama, Ada perlu memerhatikan jenis jenggot Anda. Umumunya ada dua jenis jenggot, yaitu jenggot tebal dan jenggot tipis.

Untuk jenggot tebal, cenderung berada di sisi yang lebih kering. Pria yang memiliki jenggot keriting dapat mengalami lebih banyak kekeringan karena sebum sulit bergerak turun. Agar janggut Anda tetap terhidrasi, Anda bisa mencoba mencucinya setiap tiga hari. 

Kemudian untuk jenggot yang tipis, lebih cenderung ke sisi yang lebih berminyak. Anda bahkan mungkin bisa mencuci setiap hari jika Anda mau. Ini akan memberikan tampilan yang lebih penuh pada jenggot Anda. 

SHARE