Cara Hentikan Kaki Gatal Saat Tidur Malam Hari - Male Indonesia
Cara Hentikan Kaki Gatal Saat Tidur Malam Hari
MALE ID | Sex & Health

Pernahkah Anda terjaga dari tidur malam hari dikarenakan kaki terasa gatal? Padahal tidak ada nyamuk di sekitar Anda.

“Ada beberapa asumsi umum tentang hal itu. Yang klasik adalah bahwa orang tidak terlalu terganggu di malam hari karena kaki terasa gatal,” kata Brian S Kim MD, wakil direktur di Pusat Studi Gatal di Sekolah Kedokteran Universitas Washington.

Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Satu teori yang lebih baru, kata dia, adalah bahwa gatal di malam hari bisa jadi akibat dari perubahan ritme sirkadian(proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun). “Di malam hari, bahan kimia anti-inflamasi Anda lebih rendah, yang dapat mengatur sensitivitas rasa gatal,” jelasnya. Secara evolusioner, hal itu bermanfaat bagi kita.

"Saya menjadi sangat spekulatif di sini, tetapi jika Anda tidak bergerak sama sekali di malam hari, Anda mungkin lebih rentan terkena serangan tungau, atau bahkan digigit nyamuk," kata Kim.

Apa yang membuat kaki gatal, dilansir dari menshealt, kemungkinan penyebabnya sangat banyak. Antara lain yaitu:

Kaki Lembap

“Saat pasien datang dan mengeluh kaki gatal, hal pertama yang biasanya dilakukan dokter kulit adalah melihat di antara jari-jari kaki untuk melihat apakah ada kemerahan, pecah-pecah, mengelupas, atau bersisik,” kata Shawn Kwatra MD, asisten profesor dermatologi di Johns Hopkins Medicine.

Hal tersebut sering kali mengindikasikan kaki sering lembap/berkeringat. Cara mengatasinya menjaga kaki Anda tetap kering yaitu menggunakan produk antijamur yang dijual bebas.

Kulit Kering

“Seiring bertambahnya usia, Anda memiliki lebih sedikit kemampuan untuk menahan air di lapisan luar kulit,” kata Kwatra. Selain itu, karena Anda berjalan sepanjang hari, kaki Anda bisa basah karena keringat lalu mengering. Hal itu akan menambah rasa gatal di kaki Anda.

Untuk menghentikannya, kata Kwatra, oleskan krim pelembap pada kaki Anda di malam hari. “Krim lebih melembapkan daripada lotion. Semakin lengket, semakin melembapkannya," ujarnya.

Masalah Kesehatan Lain

Kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes yang tidak terkendali juga dapat menyebabkan gatal pada kaki. Menurut Kwatra, gatal di tubuh bisa menjadi pertanda penyakit yang mendasari, yang mengisyaratkan penyakit yang mendasari tersebut tidak hanya di kaki Anda.

"Periksalah dalam konteks kesehatan Anda yang lain," katanya. Gatal tersebut mungkin akibat dari beberapa kegagalan sistem pada tubuh. Gatal mungkin juga bukan hanya satu gejala.

Karena itu, jika kaki gatal menjadi masalah yang terus-menerus dan berlangsung lama bagi Anda, maka segera periksakan diri Anda. “Gatal pada tubuh menjadi bidang pengobatan tersendiri,” kata Kwatra.

Cara menghentikan kaki gatal di malam hari, ada beberapa solusi mudah yang mesti Anda lakukan. Antara lain, jika kaki Anda sangat kering, gunakan krim tebal. Usahakan produk yang mengandung mentol. Sensasi dingin dari mentol dapat membantu meredakan rasa gatal dan menghambat saraf pengirim sinyal gatal.

Brian S Kim MD menjelaskan, ada kemungkinan siklus gatal ketika keadaannya menjadi sangat buruk, dapat memicu rasa cemas dan stres sehingga kemungkinan hal itu memicu lebih banyak rasa gatal.

Bahkan beberapa orang mengalami, pada tingkat rasa gatal yang ringan, stres juga ikut berperan. “Banyak pasien bertanya kepada saya, 'Apakah stres saya yang menyebabkan ini?' Jawaban saya adalah saya rasa tidak, tapi itu memperburuknya” kata Kim.

SHARE