Bakal Nyesel Buang Sampah di Tempat Wisata Ini - Male Indonesia
Bakal Nyesel Buang Sampah di Tempat Wisata Ini
MALE ID | Relax

Pantai dan gunung merupakan tempat favorit yang dikunjungi oleh para pelancong. Namun tanpa disadari, banyak dari mereka yang ternyata meninggalkan sampah dan mengotori lingkungan seperti botol plastik minuman atau kemasan plastik makanan lainnya.

Photo by Juan Pablo Serrano Arenas from Pexels

Kebersihan ialah hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Di manapun dan kapanpun hal yang satu ini wajib dijaga. Saat berwisata ke suatu tempat pasti tak luput dari sampah, maka harus diperhatikan untuk tidak membuangnya sembarangan. Sebelum menyesal nantinya.

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Khao Yai, Thailand dan membuang sampah sembarangan akan didenda dan sampahnya dikirim kembali ke rumahnya. Kementerian Lingkungan Thailand membenarkan bahwa pihak Taman Nasional Khao Yai akan mengirim kembali sampah yang dibuang oleh wisatawan yang berani buang sampah sembarangan.

Melalui laman Facebooknya, Menteri Lingkungan Thailand, Varawut Silpha Archa membagikan foto-foto tempat sampah yang akan dikirim kembali kepada para pelanggar kebersihan ini.

"Sampah yang wisatawan tinggalkan di taman sekarang sudah dibungkus dalam kotak dan siap dikirim kepada tuan rumah. Pemilik sampah sudah mengadukan kepada polisi. Saya ulangi, meninggalkan sampah di taman adalah pelanggaran. Mari ubah perilaku secara sadar untuk menjadi normal. Tetap bersih, selamatkan lingkungan karena mulai sekarang, kami akan mengambil tindakan hukum yang tegas," kata Varawut melansir laman Unilad.

Ditegaskan kembali bahwa mereka yang melanggar peraturan taman dan merusak lingkungan sekitarnya bakal menghadapi hukuman lima tahun penjara dan atau denda setara Rp240 juta.

"Orang-orang yang memasuki area taman harus mematuhi perintah penjaga. Pejabat yang telah memerintahkan untuk mengikuti aturan komisaris agar mematuhi peraturan dari Departemen Taman Nasional, Satwa Liar, dan Jenis Tanaman yang masuk ke dalam Taman Nasional," tegas dia.

Lebih lanjut ia menekankan bahwa sanksi ini diberlakukan agar menyadarkan semua orang bahwa kesehatan lingkungan harus dijaga. Bila Anda membuang sampah di taman nasional Thailand ini, bersiap saja karena sampah yang Anda buang akan dikembalikan ke Anda sendiri.

Sampah yang ditinggalkan pengunjung akan dikirimkan kembali ke rumah orang yang membuang sebagai peringatan bahwa bila orang berada di alam, maka sampah yang dihasilkan perlu dibersihkan.

"Pemerintah di taman nasional Khao Yai National Park, di dekat Bangkok akan mulai mengirimkan sampah ke mereka yang bertanggung jawab membuangnya," kata menteri lingkungan Thailand. Mereka yang buang sampah sembarangan ini juga akan dilaporkan ke polisi.

Melansir dari BBC News Indonesia, para pengunjung taman nasional ini harus melaporkan alamat mereka, sehingga para penjaga dengan mudah akan melacak mereka bila mereka ketahuan buang sampah.

Menteri Lingkungan Varawut Silpa-archa mengunggah foto sampah yang dikumpulkan dalam kotak dan siap dikirimkan ke mereka yang bertanggung jawab- di akun Facebooknya. "Sampah Anda kami kirimkan kembali ke Anda," tulisnya dalam unggahan itu dan mengingatkan orang bahwa buang sampah di taman nasional adalah pelanggaran dan dapat dihukum maksimum lima tahun penjara dan denda tinggi.

Selain botol plastik, kaleng dan bungkus makanan, kotak di unggahan Facebook itu juga berisi tulisan, "Kamu lupa barang-barang ini di Taman Nasional Khao Yai National."

Pihak taman nasional mengatakan sampah yang ditinggalkan bisa berbahaya bagi binatang yang mencoba makan. Taman Nasional Khao Yai National membentang lebih dari 2.000 kilometer persegi dan sangat popular di Thailand bagi para pendaki. Taman nasional ini adalah yang paling tua di Thailand dan dikenal dengan air terjun, satwa liar dan pemandangan indah.

SHARE