Cara Ubah Stres di Tempat Kerja Jadi Produktivitas - Male Indonesia
Cara Ubah Stres di Tempat Kerja Jadi Produktivitas
MALE ID | Works

Stres mencegah produktivitas, oleh karena itu Anda perlu mempelajari cara mengelola tingkat stres Anda agar menjadi lebih produktif. Stres adalah imajinasi diri sendiri, memaksakan diri, dan diciptakan sendiri, yang berarti Anda pada dasarnya menciptakan stres Anda sendiri dan karena itu Andalah yang mencegah diri Anda menyelesaikan sesuatu.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Stres adalah emosi tidak sehat yang menghabiskan terlalu banyak energi Anda. Sebaliknya, Anda harus memfokuskan semua energi itu pada tugas yang ada. Stres hanya menjadi sekuat yang Anda izinkan (setidaknya itulah yang dikatakan Yoda kepada saya ).

Emosi seperti stres dapat mengganggu hari Anda dan mengendalikan tindakan Anda, tetapi tidak harus begitu, dengan berhenti dan menangani masalah setelah dimulai, Anda akan lebih cenderung menghabiskan hari Anda untuk benar-benar menyelesaikan sesuatu daripada hanya menekankan menyelesaikan sesuatu.

Maka dari itu, dalam laman Life Hack, ketika Anda ingin mengubah stres di tempat kerja menjadi produktivitas, Anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut.

1. Mengelola Stres
Tidaklah mudah untuk berkonsentrasi pada apa yang perlu diselesaikan hari ini jika Anda stres tentang hal-hal yang tidak selesai kemarin. Alih-alih membiarkan tugas yang belum selesai membuat pikiran Anda takut, jadilah lebih produktif dengan waktu Anda dan fokus untuk menyelesaikannya daripada mengkhawatirkannya. 

Jika Anda ketinggalan daftar hal yang harus dilakukan, terjebak akan menawarkan kelegaan dan Anda akan menemukan diri Anda tidak terlalu stres. Stres tidak akan menyelesaikan sesuatu untuk Anda, tidak peduli berapa banyak energi yang Anda curahkan untuk itu.

2. Beri Diri Anda Lebih Banyak Waktu dan Istirahat
Kecuali jika sangat penting bagi Anda untuk menyelesaikan sesuatu pada waktu tertentu, jangan beri diri Anda tenggat waktu yang ketat yang tidak mudah diatur. Melakukan hal itu akan membuat Anda stres karena menyelesaikan proyek tepat waktu dan Anda akan selalu khawatir saat Anda berulang kali melirik jam untuk melihat berapa banyak waktu yang tersisa. 

Meskipun hal ini dapat menyebabkan Anda bekerja lebih cepat untuk menyelesaikan sesuatu, kemungkinan besar Anda tidak benar-benar melakukan pekerjaan berkualitas yang dibutuhkan jika Anda hanya mempercepat tugas karena Anda didorong oleh tenggat waktu yang membuat Anda stres.

Jika Anda sedang mengerjakan tugas di bawah tenggat waktu yang ketat atau Anda merasa kesal karena menyelesaikan tugas, Anda akan merasa bermanfaat jika Anda hanya menjauh sekitar 5 atau 10 menit dan beristirahat. Gunakan lima atau sepuluh menit itu untuk menenangkan diri sendiri, istirahat, menghirup udara segar, dan lain sebagainya.

3. Jangan Lakukan Semuanya Sendiri
Jika Anda berada di bawah tenggat waktu yang ketat atau Anda merasa kewalahan dengan menyelesaikan tugas, Anda harus meminta bantuan jika Anda membutuhkannya. Setiap orang membutuhkan bantuan di beberapa titik dan memiliki satu set tangan ekstra untuk membantu tidak akan terasa terlalu berat seperti jika Anda melakukannya sendiri. 

Dengan bantuan, Anda akan menjadi dua kali lebih produktif dan Anda tidak akan terlalu khawatir untuk memenuhi tenggat waktu itu sekarang karena ada seseorang yang membantu Anda. Jika Anda tahu bahwa Anda tidak dapat melakukan tugas itu sendiri, Anda seharusnya tidak memaksakan diri. Melakukan hal itu hanya akan menyebabkan lebih banyak stres dan semakin mengurangi kualitas pekerjaan yang Anda hasilkan.

4. Dapatkan Beberapa Perspektif tentang Tugas Anda
Menjadi lebih produktif dalam kehidupan sehari-hari dapat dicapai dengan menyadari apa yang penting dan tidak penting karena Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan hal-hal yang tidak terlalu penting dalam gambaran besar. 

Banyak hal yang membuat orang stres sebenarnya tidak sepenting yang mereka pikirkan. Kecuali jika ada sesuatu yang akan menyakiti Anda secara fisik, mungkin tidak ada gunanya membuat diri Anda kesal secara mental karenanya. Menjaga sikap positif saat Anda memulai hari, menyelami tugas, dan menangani semua yang perlu dilakukan dapat mencegah Anda tersimpangkan dan membuang waktu untuk stres karena hal-hal yang tidak penting.

5. Fokus pada Stres Anda dan Hadapi Itu
Terkadang memusatkan perhatian pada stres Anda bisa menjadi hal yang baik, jika Anda mencoba mencari cara untuk mengatasinya dengan lebih baik. Jika mencoba menghindari stres bukanlah metode yang berhasil seperti yang Anda inginkan, Anda dapat menjadi produktif melalui stres dan menuliskan apa yang membuat Anda merasa demikian sehingga Anda dapat menghadapinya. 

Selain menuliskan hal-hal yang membuat Anda stres, tulis juga hal terburuk yang mungkin terjadi. Ini akan memungkinkan Anda untuk dapat melihat kembali apa yang Anda tulis di lain waktu dan melihat sendiri apakah apa yang Anda tekankan sebenarnya sesuatu yang signifikan atau tidak. Biasanya, segala sesuatunya tidak seburuk yang terlihat setelah Anda melepaskan diri dari situasi tersebut dan menjadi lebih jernih saat melihat sesuatu.

Stres dapat merusak hidup Anda, tetapi itu hanya akan terjadi jika Anda membiarkannya. Dengan belajar mempertahankan stres, Anda bisa menjadi lebih produktif, lebih bahagia, dan belajar bagaimana melihat gambaran yang lebih besar. Meskipun wajar untuk merasakan stres tertentu dalam hal beberapa hal dalam hidup.

SHARE