Bawaan Wajib Jika Ingin Liburan Saat Pandemi - Male Indonesia
Bawaan Wajib Jika Ingin Liburan Saat Pandemi
MALE ID | Relax

Bagi sebagian orang memang ada yang memaksakan untuk liburan meski virus corona masih belum tahu kapan berakhirnya. Hal ini karena lamanya berada di rumah, dan ingin merasakan suasana baru. 

Photo by Chanaka Madushan Sugathadasa from Pexels

Rasa ingin liburan yang menggebu di tengah pandemi memang tidak ada yang salah, tapi belum tepat. Jika Anda memaksakan ingin keluar untuk liburan, tentu harus mematuhi protokol kesehatan yang telah digulirkan. Selain itu, mengutip beberapa sumber, Anda juga wajib membawa barang-barang seperti berikut ini di dalam tas Anda.

Surat Keterangan Sehat
Cari tahu terlebih dahulu apakah daerah tujuan mewajibkan surat keterangan sehat atau tidak. Terlebih jika menggunakan transportasi umum, seperti kereta atau pesawat, untuk pergi ke kota lain. Jangan sampai rencana bepergian gagal karena tidak memasukian dokumen satu ini di ransel Anda.

Alat-Alat Pribadi
Pernah mendengar kisah orang-orang yang melakukan karantina mandiri di rumah? Mereka bahkan tidak berbagi alat makan yang sama dengan anggota keluarga yang lain. Hal ini dilakukan agar penularan virus corona tidak semakin meluas. 

Walaupun belum dinyatakan reaktif, tetapi langkah ini perlu menjadi contoh. Tidak hanya alat makan, juga disarankan membawa handuk, sandal, peralatan ibadah, dan alat-alat pribadi lainnya dari rumah sendiri ketika ingin liburan di saat pandemi.

Uang Elektronik
Uang tunai merupakan media yang paling rentan terpapar virus corona. Kebayang tidak berapa kali uang yang Anda terima berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain? 

Maka dari itu, lebih dianjurkan untuk melakukan transaksi menggunakan uang elektronik, seperti kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik berbasis online. Selain lebih higienis, uang elektronik terdengar lebih praktis,

Masker SNI/Masker Tiga Lapis
Ke manapun pergi, barang ini tidak boleh absen berada di wajah Anda. Selain di wajah, juga perlu menyiapkan masker cadangan di ransel Anda. Karena masker kain hanya aman dipakai selama 4 jam, sedangkan masker medis 8 jam. Jadi wajib punya cadangan untuk ganti.

Hand Sanitizer
Beberapa daerah mungkin tidak punya kemudahan dalam mengakses fasilitas kebersihan, seperti wastafel. Sementara tangan merupakan anggota tubuh yang paling aktif bersentuhan dengan kuman, bakteri, atau virus, sehingga harus rutin dibersihkan. Hand-sanitizer bisa menjadi alternatif utama agar kebersihan tangan tetap terjaga di tengah kondisi daerah seperti ini. 

SHARE